ABSTRAKPeran organisasi litbang menjadi penting dalam inovasi karena organisasi ini menghasilkan
berbagai macam pengetahuan yang berasal dari pengalaman-pengalaman dan eksperimen
serta mengintegrasikannya untuk penciptaan pengetahuan dan produk baru serta inovasi.
Pada kenyataannya tantangan terbesar dalam manajemen pengetahuan dalam organisasi
litbang adalah memastikan partisipasi orang-orang atau anggota organisasi dalam suatu
aktivitas berbagi pengetahuan serta berkolaborasi dalam penggunaan kembali (re-use) hasilhasil
kegiatan sebelumnya Mengingat paten merupakan ukuran kasar (rough measure) dari
inovasi dan dalam rangka mendorong alih teknologi hasil riset di LIPI, maka produktivitas
paten menjadi salah satu ukuran kinerja dalam mengelola inovasi. Pada perspektif learning
and growth, rendahnya kinerja produktivitas paten di bidang Hayati LIPI mengindikasikan
adanya persoalan kapabilitas inovasi yang dipengaruhi oleh berbagi pengetahuan dalam
organisasi. Tujuan penelitian ini pada adalah untuk mengetahui faktor-faktor spesifik dalam
berbagi pengetahuan yang dapat mempengaruhi kapabilitas inovasi LIPI.Faktor-faktor
dimaksud, disebut sebagai knowledge management enablers, yang mengacu kepada dimensi
personal (learning motivation, interpersonal trust, knowledge-self efficacy), dimensi
organisasi (reward system dan top management support), dan dimensi teknologi (information
and comunication technology use, disingkat ICT use) dalam berbagi knowledge. Dengan
diketahuinya faktor-faktor yang paling mempengaruhi dalam berbagi knowledge, dapat
direkomendasikan program intervensi yang lebih efektif sehingga dapat meningkatkan
kinerja manajemen inovasi LIPI yang difasilitasi oleh Pusat Inovasi LIPI. Berdasarkan hasil
analisis regresi, diantara variabel yang diuji, diketahui bahwa variabel interpersonal trust dan
ICT use merupakan variabel yang paling mempengaruhi dan memiliki hubungan yang kuat
terhadap berbagi pengetahuan dengan nilai korelasi (R) berturut-turut 0,60 dan 0,62 pada
taraf ρ<0,01. Intervensi yang dirancang selanjutnya adalah melaksanakan rekomendasi hasil
penelitian yang sesuai dengan kondisi organisasi melalui program intervensi trust building
dalam berbagi pengetahuan serta intervensi basis KM dari Sveiby
ABSTRACTR& D organizations play an important role in innovation so it may continuously accumulate
knowledge from experiences and experiments, then integrate them in order to create new
knowledge, product and innovation. The facts, the biggest challenging in knowledge
management at R&D organization is to ensure the member?s participation in knowledge
sharing, collaboration, and re-use of previous knowledge. Considering patent as a rough
measure of innovation, and in order to accelerate technology transfer processes in Indonesian
Institute of Sciences (LIPI), patent productivity can reflects performance indicator in
innovation management. In learning and growth persfective, a lower patent productivity in
the field of natural sciences has indicated problem in innovation capability, which may be
affected by knowledge sharing barrier. The objective of the study is to understand specific
factors in knowledge sharing which may affect innovation capability in LIPI. The specific
factors, known as knowledge management enablers, refere to personal dimension (learning
motivation, interpersonal trust, knowledge-self efficacy), organization dimension (reward
system and top management support), and technology dimension (ICT use) in knowledge
sharing. As the factors in knowledge sharing are determined, an effective intervension can
be recommended so that it can enhance innovation capability performance facilitated by
Center for Innovation. According to regression analysis, among variables, interpersonal
trust and ICT significantly and mostly correlate in knowledge sharing, with the R values of
0,60 and 0,62 at level of ρ<0,01 respectively. Intervensions program are determined as
recommendation of the study and fit to available resources in organization, which focused on
trust building in knowledge sharing and Sveiby?s KM based-intervension.