UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Representasi realitas bullying dalam serial film kartun Doraemon = Bullying reality representation on Doraemon cartoon film serial

Arie Nugraha; Pinckey Triputra, supervisor; Hifni Alifahmi, examiner; Sasa Djuana Sendjaja, examiner; Udi Rusadi, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini membahas representasi bullying yang dibangun oleh tanda verbal dan
tanda nonverbal dalam serial kartun Doraemon. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan desain deskriptif. Dengan menggunakan analisis semiosis
Peirce, dapat disimpulkan bahwa tanda verbal dan nonverbal dalam serial kartun
Doraemon merepresentasikan bullying dalam berbagai jenis seperti bullying
verbal, bullying fisik, memaksakan kehendak, merebut barang, dan ancaman fisik.
Penelitian ini memiliki implikasi teoritis yang membedah teks film dalam sekuens
ke dalam dua level, yaitu audio dan visual untuk kemudian dianalisis proses
semiosisnya satu per satu, masing-masing dalam beberapa tahap kemudian
mengelaborasikan dua level teks tersebut ke dalam suatu pemaknaan tanda yang
saling menguatkan. Implikasi sosial penelitian ini merangsang pemirsa untuk
sadar dan kritis terhadap konten yang sarat akan bullying. Implikasi praktisnya,
penelitian ini bisa dijadikan acuan pengambil kebijakan untuk membuat regulasi
yang dapat menyaring tayangan anak yang kontennya mengandung bullying.
Penelitian ini memberi rekomendasi bagi akademisi yang tertarik untuk mengkaji
representasi suatu fenomena dalam teks terjemahan untuk memperhatikan
pengaruh penerjemahan suatu teks yang berasal dari suatu kultur ke kultur lain.
Penelitian ini juga merekomendasikan penghentian tayangan serial film kartun
Doraemon karena kontennya yang sarat akan bullying. Penelitian ini juga
merekomendasikan pendampingan terhadap pemirsa anak-anak yang lebih ketat
dalam menonton.

ABSTRACT
This thesis discusses the representation constructed by the signs of bullying are
verbal and nonverbal signs in the Doraemon film cartoon series. The study was a
descriptive research using a qualitative design. By using Peirce semiosis analysis,
it can be concluded that the verbal and nonverbal signs in the Doraemon cartoon
series represent the various types of bullying such as verbal bullying, physical
bullying, imposing the will, seize goods, and physical threats. The research
theoretical implications dissected the movie text sequences into two levels, audio
and visual then analyzed one by one through some stage of semiosis process, at
the end of the process it will elaborate two levels of text into a sign meaning
which is mutually beneficial. Social implications of this study stimulates the
viewer to be aware and critical of the movie content which is full of bullying
scene. For the practical implications, this study can be used as a reference for
policy makers to make regulations that can filter the content that shows
impressions of children bullying. This study provides recommendations for
academics who are interested to examine the representation of a phenomenon in
translation texts to consider the influence of translation of a text from one culture
to another culture. The study also recommends termination Doraemon cartoon
series and movies because of its content will be full of bullying. It also
recommends to stringent assistance for child viewers.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T30403
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 121 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30403 15-18-090186771 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20303809
Cover