UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rancangan penyusunan 'Job Description' untuk jabatan 'Section Head' di PT. X

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

PT. X. bergerak hampir di seluruh sektor kelistrikan dan elektronik, komunikasi, peralatan kesehatan dan sistem pengendalian industri. Pelayanan PT. X meliputi perencanaan, pengadaan, pemasangan, uji cuba, uji fungsi dan pelayanan terkait lainnya yang menyangkut sistem dan alat komunikasi serta pelayanan terkait lainnya yang menyangkut sistem dan alat komunikasi serta peralatan kesehatan. Salah satu strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan adalah dengan meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan sehingga dapat meningkatkan efektifitas perusahaan. Pembahasan ini difokuskan mengenai rancangan penyusunan Job description sehingga dapat memberikan kejelasan tugas kepada karyawan PT.X khususnya pada jabatan Section head untuk meningkatkan motivasi dan kinerja sehingga perusahaan yang lebih efektif dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan.
Masalah yang dihadapi PT. X adalah tidak jelasnya tugas dan tanggung jawab setiap jabatan di business unit. Tidak ada kejelasan mengenai standar kerja yang harus dicapai maupun penghargaan terhadap hasil kerja karyawan. Akibatnya motivasi karyawan menurun sehingga sikap kerja negatif dan unjuk kerjanya tidak maksimal. Hal ini sangat mempengaruhi pada efektifitas perusahaan sehingga perlu dicari alternatif penyelesaian masalah. Oleh karena itu perlu adanya rancangan Job analysis untuk pembuatan Job Description untuk jabatan Section Head di PT. X.
Untuk membuat Job Description, terlebih dahulu perlu dilakukan Job Analysis untuk mendapatkan informasi dan gambaran mendalam mengenai suatu jabatan. Metode yang akan digunakan untuk mendapatkan informasi tersebut adalah dengan melakukan wawancara dengan pejabat Section Head di PT. X. Responden merupakan karyawan dari business units yang telah bekerja minimal 1 tahun di PT. X dan dipilih berdasarkan tingkatan jabatan dan pekerjaan yang dilakukannya. Dalam wawancara digunakan jenis pertanyaan terbuka mengenai tugas dan tanggung jawab. Pengolahan data wawancara dilakukan dengan cara koding dan mengkategorisasikan sesuai dengan form job analysis. Setelah job analysis dilakukan perlu dilakukan validasi dan evaluasi terhadap hasil analisa sebelum dibuat job description. Persiapan yang dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi pekerjaan dan sosialisasi terlebih dahulu terhadap karyawan di perusahaan sebelum melakukan wawancara.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Yosiemond.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37823
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 32 hlm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37823 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20304566
Cover