UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Intervensi Appreciative Inquiry untuk meningkatkan Appraisal dan Esteem Support bagi pendamping anak jalanan yang mengalami Burnout (studi kasus: Social Development Center, Bambu Apus) = Appreciative inquiry intervention to increase appraisal and esteem support for street children caregiver that experiencing burnout (case study: social development center, Bambu Apus)

Tracy Yoanna; Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Dian Wisnuwardhani, supervisor; Amarina Ashar Ariyanto, examiner; Dini P. Daengsari, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Menurut Drake dan Yadama (1996), pekerja sosial yang bergerak dalam isu anak merupakan
salah satu profesi yang amat rentan mengalamii burnout. Karakter pekerjaan pendampingan anak
yang menguras fisik dan emosi seringkali mengakibatkan stres berkepanjangan, hingga
menyebabkan pekerja hilang semangat, motivasi dan komitmen (Bakker, Killmer, Slegrist &
Raufel 2000). pendamping di Social Development Center (SDC), Bambu Apus pun mengalami hal
yang sama. Mereka mengalami burnout, ketika harus menghadapi sekitar 100 anak jalanan yang
berasal dari rumah singgah di berbagai kota di Indonesia dan masih harus mengurus masalah
administrasi, pencairan anggaran dan pelaporan kantor SDC sehari-hari. Intervensi ini bertujuan
untuk mengurangi burnout yang dialami pekerja dan pendamping anak di SDC dengan cara
meningkatkan Appraisal dan Esteem Support dari sesama rekan pekerja dan pendamping anak,
menggunakan metode Appreciative Inquiry. Intervensi dilakukan pada 16 pekerja dan pendamping
anak di SDC. Dasar teori untuk intervensi adalah teori Appraisal dan Esteem Support yang
diimplementasikan melalui metode Appreciative Inquiry Summit. Appreciative Inquiry terdiri dari
empat tahap yaitu, discovery, dream, design, dan destiny. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan
pada appraisal dan esteem support, serta penurunan pada burnout. Hasil penelitian diharapkan
menambah masukan bagi pekerja sosial yang bergerak di pendampingan anak jalanan, lembaga
pendampingan dan pengasuhan anak jalanan serta Kementerian Sosial, sebagai lembaga pemerintah
yang bertanggung jawab pada permasalahan anak jalanan di Indonesia. Disamping itu, diharapkan
untuk memperkaya kepustakaan tentang burnout dalam lingkup intervensi sosial, khususnya, dan
psikologi sosial pada umumnya.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T30685
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 81 pages ; 30 cm + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30685 15-19-136931536 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20304717
Cover