UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemberdayaan fungsi HRD divisi manufaktur sebagai mitra strategik perusahaan di divisi manufaktur grup XY

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Dalam rangka menjawab tuntutan Top Manajemen dan pimpinan unit-unit usaha mengenai keberadaan HRD Divisi Manufaktur yang dirasakan tidak mampu berperan sebagai mitra strategik perusahaan, maka berdasarkan analisa yang dilakukan, Penulis melihat bahwa permasalahan pokok dari ketidakberdayaan HRD Divisi Manufaktur dalam memenuhi tuntutan Top Manajemen adalah karena fungsi dan perannya selama ini masih sebatas peran vendor. Sedangkan untuk memenuhi tuntutan Top Manajemen, maka perlu melakukan peran sebagai regulator, yaitu pembuat kebijakan dan pengambil keputusan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia. Dengan peran regulator ini maka HRD Divisi Manufaktur dituntut dan diharapkan mampu untuk menyusun rencana-rencana snategis untuk menunjang poncapaian tujuan perusahaan melalui fungsi HRM.
Untuk mengubah peran vendor menjadi regulator, dalam hal ini HRD Divisi Manufalctur tidak mampu untuk mengubah struktur yang ada Oleh karenanya yang dapat dilakukan adalah mernberdayakan seluruh kapasitas yang dimiliki dan mengembangkan potensi yang dapat dilakukan. Dalam hal ini kapasitas dominan yang dimiliki adalah Access Power yang cukup berpengaruh dalam menjalankan program-program yang ada, Walaupun hal ini bukanlah cara terbaik, namun Access Power ini dirasakan sangat membantu HRD Divisi Manufalctur dalam menjalankan program-program dan rencana strategisnya. Namun demikian seluruh program yang ada harus disahkan atau diformalisasikan oleh Top Manajernen sehingga ada kewenangan yang jelas bagi HRD Divisi Manufaktur untuk berdndak dan tidak lagi mengalami benturan dengan kebijakan pimpinan unit seperli yang selama ini terjadi.
Selain menggunakan power yang ada, maka HRD Divisi Manufaktur juga perlu untuk melibatkan selumh unit usaha dalam menentukan program yang akan dilalcukan dan meningkatkan potensi keahliannya, seperti melalui training-training yang berkaitan, sehingga mampu mengembangkan potensi sesuai dengan tuntutan peran antar bagian dalam menjalankan peran HRM. Selanjutnya yang dapat dilakukan untuk lebih mengoptimalkan HRD Divisi Manufaktur adalah membuat model kompetensi bahkan men- set up assessment centre yang akan mampu untuk membantu pengambilan keputusan dan langkah strategic yang dibutuhkan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ratna Widjajati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38459
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 33 hlm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38459 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20304890
Cover