UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Proposal pembuatan video-blog feature wisata sejarah kota "The City's Story"

Anissa Fajari; Teguh Poeradisastra, supervisor; Awang Ruswandi, supervisor; R. Helmi Qodrat Ichtiat, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Kota merupakan obyek yang menarik dan berpotensi untuk
diangkat wisatanya. Wisata di dalam kota sendiri terdiri dari
berbagai macam: wisata kuliner, wisata alam, dan wisata sejarah.
Karena wisata sejarah Indonesia sangat menarik untuk diulas dan
belum banyak yang peduli dengan sejarah kotanya, maka
dibuatlah ?The City?s Story?, program travel journalism yang
disiarkan melalui internet dalam bentuk video-blog.
Manfaat dari The City?s Story antara lain memberikan informasi
lengkap dan memperkenalkan khalayak pada wisata sejarah yang
ada di kotanya dan kota-kota lain di Indonesia. Sedangkan
tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan
menyosialisasikan nilai-nilai sosial, budaya, dan historis kepada
khalayak muda serta memajukan wisata sejarah di Indonesia.
The City?s Story merupakan video-blog (vlog) yang berisi
kumpulan video travelling journalism tentang wisata sejarah.
Target khalayaknya adalah masyarakat di Indonesia dan seluruh
dunia, pria dan wanita yang berada pada kelompok usia remaja
dan dewasa muda (15-24 tahun), dengan pendidikan SMA dan
Perguruan Tinggi dan Status Sosial Ekonomi A dan B. Video The
City?s Story merupakan Hosted Video, yaitu video yang
menampilkan host. The City?s Story memiliki situs resmi di
www.thecitysstory.blogspot.com serta Channel YouTube resmi di
www.youtube.com/user/thecitysstory.
Pre-test media: menggunakan kuesioner online guna mendapat
masukan bagaimana vlog seharusnya dibuat.
Evaluasi: (1) Evaluasi khalayak dengan kuesioner online untuk
mengetahui apakah vlog The City?s Story sudah sesuai dengan
permintaan khalayak atau belum. (2) Evaluasi dilakukan pada
tahap input, output, dan outcome dengan menganalisis kesesuaian
antara kebutuhan khalayak (permasalahan) dengan pemenuhan
kebutuhan melalui produk/program yang dibuat (solusi), serta
tercapainya tujuan program.
Alat ukur yang digunakan adalah survei (before & after),
observasi, statistik kunjungan (traffic/viewer) vlog The City?s Story melalui Google Analytic, Technorati, serta data kunjungan
wisatawan ke sejumlah destinasi wisata sejarah.
Anggaran
Investasi Awal : Rp 136.670.000,-
Total Pengeluaran Bulanan : Rp 78.500.000,-
Total Pengeluaran 1 Tahun : Rp 987.000.000,-
Perkiraan Pendapatan
Tahun Pertama : Rp 855.657.000,-
Tahun Kedua : Rp 1.262.007.000,-
BEP dicapai pada tahun kedua.

ABSTRACT
City is an interesting and potential object for tourism. There are
many kinds of tour, such as culinary, ecotourism, and historical
tour. Because of historical tour in Indonesia is very interesting to
be explored and not so many people care about their city?s
historical places, there will be The City?s Story, a travel
journalism program that broadcasted over the internet in the form
of video-blog.
Benefits of The City?s Story video-blog are giving information
and introduced the audience to historical tour in their city and
another city of Indonesia. While the goal is socializing social
values, cultural, historical, knowledge, and other phenomenon of
Jakarta to the international audience and to develop historical tour
in Indonesia.
The City?s Story is a video-blog contain of travelling journalism
video about historical tour. The City?s Story target are people
around Indonesia and around the world both men and women, age
varied 15-24 years with high school and university degree of
education, and A and B Socio-Economic Status. Video in The
City?s Story is hosted video, the video with the appearance of
host. The City?s Story has the official site in
www.thecitysstory.blogspot.com and official YouTube Channel at
www.youtube.com/user/thecitysstory.
Media Pre-test: using an online questionnaire to obtain input on
how Vlog should be made.
Evaluation: (1) Audience evaluation with an online questionnaire
to find out whether The City?s Story Vlog is in accordance with
the request of audience or not. (2) Evaluation of products (inputs,
outputs, outcomes) is done by analyzing congruity between the
audience needs (the problem) with fulfillment needs through
product/program (solution), and to achieve the program purpose.
Measuring equipment using survei (before & after), observation,
traffic statistic (traffic/viewer) vlog The City?s Story through
Google Analytic, Technocrati, and data of tourist visits to a
number of historical tour destination.
Budgets
Initial Investments : Rp 136.670.000,-
Monthly Expenditures Total : Rp 78.500.000,-
Annual Expenditures Total : Rp 987.000.000,-
First Year Revenue Estimation : Rp 855.657.000,-
Second Year Revenue Estimation : Rp 1.262.007.000,-
BEP is assume should be obtained in the second year.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Anissa Fajari.pdf :: Unduh

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xvi, 66 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20305672
Cover