UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Mustaka pada bangunan Islam kuna di Cirebon = Mustaka on ancient Islamic buildings in Cirebon

Yogi Abdi Nugroho; Irmawati Marwoto, supervisor; Nasution, Isman Pratama, examiner; Wanny Rahardjo Wahyudi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang persamaan dan perbedaan bentuk mustaka yang terdapat di bangunan masjid dan bangunan keraton di Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan variasi bentuk mustaka yang kemudian dihubungkan dengan keberadaan masing-masing bangunan. Caranya adalah dengan mengelompokkan atribut bentuk mustaka yang terdiri dari struktur mustaka, bentuk umum mustaka, dan hiasan mustaka. Setelah atribut ini terkumpul, maka selanjutnya dilakukan penyederhanaan ragam bentuk mustaka dengan klasifikasi yang kemudian menghasilkan tipe mustaka. Pembentukan tipe mustaka yang telah dilakukan kemudian dihubungkan dengan bangunan yang menaunginya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan bentuk mustaka di masing-masing bangunan yang juga menjelaskan bahwa mustaka merupakan penanda dari sebuah bangunan Islam kuna.

The focus of this study is the similarities and differences mustaka form contained in the mosque and the keraton in Cirebon. This study aims to demonstrate the variation mustaka form which is then linked to the presence of each building. The methods of this study is to classify the attributes of shapes consisting of mustaka, among others the structure, the general shapes, and the ornament of mustaka. Once this attribute is collected, we then performed with a simplified classification of various forms mustaka which then produces a type mustaka. Formation mustaka type that has been done then connected to the building. The results of this study indicate that there are similarities and differences in the shape mustaka each building which also explains that mustaka is a marker of an ancient Islamic buildings.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S42084
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xv, 95 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42084 14-22-24349138 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20305718
Cover