ABSTRAKSkripsi ini membahas tentang sebuah bentuk budaya pemberian, yaitu omiyage,
yang merupakan pemberian yang diperoleh saat seseorang melakukan perjalanan.
Penulisan dilakukan dengan metode deskriptif analisis yang didukung metode
wawancara kepada penjual oleh-oleh di berbagai macam toko yang ada di Jakarta.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa budaya pemberian omiyage yang ada pada
masyarakat Jepang memiliki motivasi giri di baliknya dan orang Jepang tetap
menjalankan tradisi pembelian dan pembelian omiyage karena selain diperlukan
sebagai salah satu barang pemberian, omiyage juga bermakna sesuatu yang
berperan sebagai pengingat akan sebuah pengalaman dari perjalanan yang telah
dilakukan.
ABSTRACTThis research focus on omiyage, a Japanese gift-giving tradition that someone get
when they are on traveling. The writer uses descriptive analysisis method
supported with interviewing some sellers at the souvenir shops in Jakarta. This
research concludes that Japanese omiyage gift-giving has giri motivation behind it
and the Japanese people still continue this gift-giving tradition because beside it is
needed on gift-giving tradition, omiyage is also means something that function as
a reminder about someone?s experience on traveling.