UI - Tesis (Open) :: Kembali

UI - Tesis (Open) :: Kembali

Analisis Pengembangan Produk dan Promosi Poliklinik Anak dan Poliklinik Kebidanan & Kandungan Rumah Sakit Hospital Cinere, Tahun 2010

Ari Luthfiana Ulya; Kurnia Sari, supervisor; Mieke Savitri, examiner; Wachyu Sulistiadi, examiner; Kuntum Cheyra, examiner ([Publisher not identified] , 2011)
 Abstrak
[ABSTRAK
Bagi sebuah rumah sakit, untuk dapat bersaing dengan rumah sakit lain harus
memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan keinginan pelanggan, untuk dapat
mengetahui keinginan pelanggannya rumah sakit harus terlebih dahulu
mengetahui karakteristik pelanggan, setelah itu menentukan pelanggan mana yang
akan fokus dilayanani dan mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki untuk
menentukan posisi rumah sakit diantara pesaing, yang terakhir barulah melakukan
pengembangan produk sesuai dengan harapan pelanggan. Agar produk tersebut
diketahui dan diterima oleh pelanggan harus dilakukan promosi kepada
pelanggan. Dengan latar belakang tersebut maka dilakukan penelitian tentang
analisis pengembangan produk dan promosi poliklinik anak dan poliklinik
kebidanan & kandungan RS Hospital Cinere.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan
melakukan survey kepada pelanggan poliklinik anak dan poliklinik kebidanan &
kandungan; wawancara mendalam dengan manajemen rumah sakit dan pasien;
serta telaah dokumen.
Dari penelitian ini diperoleh bahwa gambaran karakteristik pasien poliklinik anak
adalah anak berusia balita; dan wanita usia produktif untuk poliklinik kebidanan
& kandungan; tingkat pendidikan orang tua yang tinggi; pekerjaan orang tua
sebagai pegawai swasta; bertempat tinggal di Depok, Jakarta Selatan, dan
Tangerang Selatan; dan merupakan pasien lama. Untuk karakteristik pasien
tersebut produk yang sesuai salah satunya adalah klinik laktasi. Sedangkan untuk
promosi dapat dilakukan dengan pemasaran oleh dokter, menempatkan media
promosi pada area yang banyak antrian, bekerjasama dengan dokter dan klinik
disekitar, dan bekerjasama dengan media.
Saran yang dapat diajukan antara lain agar manajemen rumah sakit mengelola
data karakteristik pasien yang berasal dari data rekam medik untuk dapat
mengetahui perubahan karakteristik sehingga dapat mengembangkan produk
sesuai keinginan pelanggan; melakukan kerjasama untuk rujukan dengan dokter
dan klinik disekitar; memperbanyak kerjasama dengan perusahaan.;Bagi sebuah rumah sakit, untuk dapat bersaing dengan rumah sakit lain harus
memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan keinginan pelanggan, untuk dapat
mengetahui keinginan pelanggannya rumah sakit harus terlebih dahulu
mengetahui karakteristik pelanggan, setelah itu menentukan pelanggan mana yang
akan fokus dilayanani dan mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki untuk
menentukan posisi rumah sakit diantara pesaing, yang terakhir barulah melakukan
pengembangan produk sesuai dengan harapan pelanggan. Agar produk tersebut
diketahui dan diterima oleh pelanggan harus dilakukan promosi kepada
pelanggan. Dengan latar belakang tersebut maka dilakukan penelitian tentang
analisis pengembangan produk dan promosi poliklinik anak dan poliklinik
kebidanan & kandungan RS Hospital Cinere.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan
melakukan survey kepada pelanggan poliklinik anak dan poliklinik kebidanan &
kandungan; wawancara mendalam dengan manajemen rumah sakit dan pasien;
serta telaah dokumen.
Dari penelitian ini diperoleh bahwa gambaran karakteristik pasien poliklinik anak
adalah anak berusia balita; dan wanita usia produktif untuk poliklinik kebidanan
& kandungan; tingkat pendidikan orang tua yang tinggi; pekerjaan orang tua
sebagai pegawai swasta; bertempat tinggal di Depok, Jakarta Selatan, dan
Tangerang Selatan; dan merupakan pasien lama. Untuk karakteristik pasien
tersebut produk yang sesuai salah satunya adalah klinik laktasi. Sedangkan untuk
promosi dapat dilakukan dengan pemasaran oleh dokter, menempatkan media
promosi pada area yang banyak antrian, bekerjasama dengan dokter dan klinik
disekitar, dan bekerjasama dengan media.
Saran yang dapat diajukan antara lain agar manajemen rumah sakit mengelola
data karakteristik pasien yang berasal dari data rekam medik untuk dapat
mengetahui perubahan karakteristik sehingga dapat mengembangkan produk
sesuai keinginan pelanggan; melakukan kerjasama untuk rujukan dengan dokter
dan klinik disekitar; memperbanyak kerjasama dengan perusahaan., Bagi sebuah rumah sakit, untuk dapat bersaing dengan rumah sakit lain harus
memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan keinginan pelanggan, untuk dapat
mengetahui keinginan pelanggannya rumah sakit harus terlebih dahulu
mengetahui karakteristik pelanggan, setelah itu menentukan pelanggan mana yang
akan fokus dilayanani dan mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki untuk
menentukan posisi rumah sakit diantara pesaing, yang terakhir barulah melakukan
pengembangan produk sesuai dengan harapan pelanggan. Agar produk tersebut
diketahui dan diterima oleh pelanggan harus dilakukan promosi kepada
pelanggan. Dengan latar belakang tersebut maka dilakukan penelitian tentang
analisis pengembangan produk dan promosi poliklinik anak dan poliklinik
kebidanan & kandungan RS Hospital Cinere.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan
melakukan survey kepada pelanggan poliklinik anak dan poliklinik kebidanan &
kandungan; wawancara mendalam dengan manajemen rumah sakit dan pasien;
serta telaah dokumen.
Dari penelitian ini diperoleh bahwa gambaran karakteristik pasien poliklinik anak
adalah anak berusia balita; dan wanita usia produktif untuk poliklinik kebidanan
& kandungan; tingkat pendidikan orang tua yang tinggi; pekerjaan orang tua
sebagai pegawai swasta; bertempat tinggal di Depok, Jakarta Selatan, dan
Tangerang Selatan; dan merupakan pasien lama. Untuk karakteristik pasien
tersebut produk yang sesuai salah satunya adalah klinik laktasi. Sedangkan untuk
promosi dapat dilakukan dengan pemasaran oleh dokter, menempatkan media
promosi pada area yang banyak antrian, bekerjasama dengan dokter dan klinik
disekitar, dan bekerjasama dengan media.
Saran yang dapat diajukan antara lain agar manajemen rumah sakit mengelola
data karakteristik pasien yang berasal dari data rekam medik untuk dapat
mengetahui perubahan karakteristik sehingga dapat mengembangkan produk
sesuai keinginan pelanggan; melakukan kerjasama untuk rujukan dengan dokter
dan klinik disekitar; memperbanyak kerjasama dengan perusahaan.]
 File Digital: 1
 Metadata
No. Panggil : T31359
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2011
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 126 Pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 125-126
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T31359 15-18-219712390 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20307524