UI - Dokumentasi :: Kembali

UI - Dokumentasi :: Kembali

Pengaruh kedekatan dengan korban dan sikap bullying terhadap tindakan prososial bystander bullying di SMA = Effect of closeness with victims and bullying attitude towards prosocial behavior of high school bystander bullying

A. Ivan Sudibyo; Ratna Djuwita Hatma, supervisor; Cicilia Yeti Prawasti, examiner; Aries Yulianto, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kedekatan dengan korban dan sikap terhadap bullying terhadap perilaku prososial pada siswa SMA di Jakarta dan sekitarnya. Pengukuran sikap menggunakan alat ukur sikap terhadap bullying. Partisipan berjumlah 80 siswa SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kedekatan dengan korban terhadap perilaku prososial pada siswa SMA (F = 3.494; p = 0.065). Artinya, seseorang yang ingroup dengan korban tidak memiliki perbedaan skor prososial yang signifikan daripada orang yang outgroup dengan korban. Namun terdapat pengaruh yang signifikan sikap terhadap bullying terhadap perilaku prososial pada siswa SMA (F = 6.057; p = 0.016, signifikan pada L.o.S 0.05). Artinya, seseorang yang memiliki sikap negatif terhadap bullying akan memiliki lebih tinggi skor prososial secara signifikan daripada orang yang memiliki sikap positif terhadap bullying. Selain itu, tidak ada interaksi pengaruh kedekatan dan sikap terhadap bullying terhadap perilaku prososial.

The study was conducted to determine the effect of closeness to the victim and bullying attitudes toward prosocial behavior of high school student in surroundings Jakarta. Attitude measurement using a measuring instrument based on the components of attitudes toward bullying attitude. Participants totaled 80 high school students. The results of this study indicate there isn't significant effects of closeness to the victims of prosocial behavior in school student (F = 3.494; p = 0.065). That is, someone who ingroup with the victim won't have a significant higher prosocial scores than people who are outgroup with the victim. But there is a significant influence bullying attitude toward prosocial behavior in school student (F = 6.057; p = 0.016, significant at the LoS 0.05). That is, someone who has a negative attitude toward bullying will have a significant higher prosocial scores than those who have positive attitudes toward bullying. Nevertheless, there isn't interaction effect between closeness to the victim and bullying attitudes toward prosocial behavior in high school student.

 File Digital: 1

Shelf
 Spdf-A. Ivan Sudibyo.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Dokumentasi
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
Physicsxiii, 42 pages ; 30 cm + appendix
Typetext
Formatonline resources
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-68511262 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308230
Cover