UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Aplikasi algoritma Rijndael dalam pengamanan citra digital = Application of Rijndael algorithm in securing digital image

Fadhilah Hanifah; Suryadi, supervisor; Alhadi Bustamam, examiner; Djati Kerami, examiner; Yudi Satria, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Citra digital merupakan salah satu data atau informasi yang sering disalahgunakan, oleh karena itu pengamanan data citra digital menjadi hal yang penting dan mendesak. Salah satu pengamanan bisa dilakukan dengan menerapkan algoritma enkripsi Rijndael. Empat proses utama algoritma ini terdiri dari satu proses permutasi (ShiftRows) dan tiga proses subtitusi (SubBytes, MixColumns, dan AddRoundKey) dan juga proses penjadwalan kunci. Dalam tugas akhir ini akan dibahas tentang pengamanan data citra digital oleh algoritma Rijndael dan juga implementasi algoritma ini dalam mengamankan citra digital. Algoritma Rijndael merupakan algoritma enkripsi yang dapat diaplikasikan untuk pengamanan data berbentuk citra digital.

Digital image is a form of data or information which is often manipulated, therefore securing digital image becomes urgently important. Rijndael encryption algorithm can be used to secure it. This algorithm consists of a permutation process (ShiftRows), three substitution processes (SubBytes, MixColumns, and AddRoundKey), and also the key scheduling process. In this minithesis, the problem that will be discussed is about securing digital image with Rijndael algorithm and also the implementation of this algorithm on securing digital image. Rijndael algorithm is an encryption algorithm that can be applied for securing digital image.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S42710
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 58 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42710 14-22-61144083 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308755
Cover