UI - Skripsi (Open) :: Kembali

UI - Skripsi (Open) :: Kembali

Analisis pelaksanaan mediasi perbankan oleh Bank Indonesia sebagai wujud perlindungan nasabah (Studi kasus: Kasus antara Bank ABC dengan PT.XYZ) = Implementation analysis banking mediation by Bank Indonesia as a form of customer protection (Cade study: Case of Bank ABC aginst PT XYZ)

Suci Retiqa Sari S; Aad Rusyad Nurdin, supervisor; Nadia Maulisa, supervisor; Rouli Anita Velentina, examiner; Pulungan, M. Sofyan, examiner (Universitas Indonesia, 2012)
 Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis mengenai
pelaksanaan mediasi perbankan oleh Bank Indonesia sebagai wujud perlindungan
nasabah dalam kasus antara Bank ABC dengan PT XYZ. Pokok permasalahan
dalam penelitian ini adalah bagaimana ketentuan, pelaksanaan, dan penyelesaian
dalam mediasi perbankan oleh Bank Indonesia sebagai wujud perlindungan
nasabah dan bagaimana penerapannya dalam Bank ABC dengan PT XYZ. Peneliti
mempergunakan metode penelitian yuridis normatif dengan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus antara Bank ABC dengan PT XYZ
tidak memenuhi karakteristik mediasi perbankan dalam konteks Peraturan Bank
Indonesia tentang Mediasi Perbankan mengingat jumlah nominal tuntutan perdata
jauh di atas Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah). Batasan karakteristik
tersebut lantas tidak membuat Bank Indonesia melepaskan tanggungjawabnya
sebagai fungsi pengawasan bank yang memiliki kewenangan untuk melakukan
diskresi. Penyelesaian sengketa yang dimediasi oleh Bank Indonesia tersebut
berupa akta kesepakatan. Atas akta kesepakatan tersebut dapat dimintakan
perolehan putusan perdamaian yang berkekuatan hukum tetap, tertutup upaya
banding atau kasasi, dan berkekuatan eksekutorial dengan diajukannya
penguatannya di pengadilan.

ABSTRACT
This research is aimed to describe and analyze the implementation of banking
mediation by Bank Indonesia as a form of customer protection in the case of Bank
ABC against PT XYZ. The main issue in this research is to find out the
regulations, implementation, and settlement in the banking mediation by Bank
Indonesia as a form of customer protection, and how are these implemented in the
case between Bank ABC and PT XYZ. Author uses the juridical-normative
research method by literature studies. This research shows that case of Bank ABC
against PT XYZ does not meet the characteristics of banking mediation in the
context of The Regulation of Bank Indonesia about Banking Mediation, which is
considered by the amount of the civil suit that is much larger than Rp
500.000.000,00 (five hundred million rupiahs). Limitations of these characteristics
do not cause the bank to release its responsibility as the supervisor of the bank
that has a discretionary authority. The settlement of dispute mediated by Bank
Indonesia is in the form of a deed of agreement. The deed of agreement has a
legally binding force upon request to the court closed from the act of appeal and
cassation, and holds an executorial power by requesting an affirmation to the
court.
 File Digital: 1
Shelf
 S42544-Analisis pelaksanaan.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : S42544
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 82 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 78-82
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42544 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20309087