ABSTRAKFokus penelitian ini membahas pelaksanaan administrasi pajak hotel pada kelompok motel. Motel yang dalam perkembangannya belum memberikan kontribusi yang signifikan bagi penerimaan pajak hotel pada umumnya. Rendahnya kontribusi yang di berikan pada motel disebabkan oleh beberapa hal yaitu, jumlah wajib pajak hotel pada kelompok motel yang jumlahnya hanya 15 buah diseluruh DKI Jakarta, fasilitas motel yang terbatas, pandangan negatif masyarakat tentang motel, letak keberadaan motel yang kurang cocok di DKI Jakarta, kurangnya kebutuhan masyarakat atas motel, sistem pemungutan pajak yang belum computerized dan online serta kepatuhan wajib pajak yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah menjelaskan dan menganalisa pelaksanaan administrasi pajak hotel pada kelompok motel. Kedua, untuk menjelaskan dan menganalisa permasalahan dalam proses administrasi pajak hotel pada kelompok motel Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur,
penelitian lapangan, dan juga dengan wawancara mendalam. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu, pelaksanaan administrasi pajak hotel pada kelompok motel terdiri dari kegiatan pendaftaran wajib pajak, penetapan pajak, penagihan pajak dan pemeriksaan pajak. Masalah-masalah yang dihadapi yaitu, rendahnya tingkat kesadaran wajib pajak untuk mendaftarkan diri, adanya wajib
pajak yang tidak melaporkan STPD, ada wajib pajak yang tidak kooperatif pada saat diperiksa, kurangnya sumber daya manusia dan keterbatasan dana dalam pemenuhan sistem online.
ABSTRACTThis research focus is to examine the implementation of hotel tax administration especially on motel group. In the motel development, motel hasn't significantly give a contribut ion to raise the hotel tax revenue generally. A very low contribution to the motel was cause by several things, first, the limited motel facility, second is a negative perspective from society about motel, third is the placement of motel location that doesn't fit in DKI Jakarta areas, fourth is the lack of society necessity to motel, fifth is collecting tax system that has not been computerized and online, and fifth is the low obedience of tax obligation. Aim of this research is, first, to explain and analyze the implementation of hotel tax administration on motel group. And the second is to explain and analyze problems on hotel tax administration process on motel group. This research use qualitative descriptive
method and approach. Collecting data process has been done through
the literature studies, fieldwork, and comprehensive interview. Based on the research purpose, this is a descriptive research. From the result of this research we can make a conclusion that is, the implementation of hotel tax administration on motel group consists of registration activity of tax obligation, tax regulation, tax collecting, and tax investigation. The problems that faced is, a low obedience of tax obligation to register themselves, there?s a tax obligation that not report the local government tax payment letter, there's a taxpayer that not cooperative when checked, lack of human resources and the limited fund on fulfillment online system.