UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh penerimaan teknologi dengan kegunaan Web : studi kasus Portal Rumah Belajar http://belajar.kemdikbud.go.id = The relationship between web-based interactive content with web ussability

M. Hasan Chabibie; Udi Rusadi, examiner; Firman Kurniawan Sujono, examiner; Irwansyah, supervisor ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Penggunaan internet di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Ini seiring
dengan makin mudah dan murahnya orang mengakses internet. Aliran dan
pertukaran informasi lewat internet berlangsung begitu cepat dan massif.
Pengguna internet dari berbagai kalangan terhubung langsung dengan beragam
materi (content) pembelajaran yang tersedia. Proses pembelajaran yang terjadi di
kelas juga menerima dampak yang signifikan dari perkembangan internet ini,
konten pembelajaran yang dahulu hanya berasal dari sumber teks buku pelajaran,
sekarang menjadi kian beragam dan bervariatif. Baik dari sisi format maupun
media pendukung yang digunakan.
Portal rumah belajar merupakan media belajar berbasis internet (on line) yang
dibangun secara khusus untuk memudahkan guru dan siswa mendapatkan bahan
atau materi untuk kepentingan mengajar siswa. Portal ini bisa diakses melalui:
http://belajar.kemdikbud.go.id. Berbeda dengan situs internet pada umumnya,
portal rumah belajar ini lebih menekankan sisi interaktivitas antara pengguna
yakni guru dan siswa dengan portal rumah belajar itu sendiri. Lewat portal rumah
belajar, para guru dan siswa bisa mengakses bahan belajar, melakukan simulasi
interaktif serta berkomunikasi dan berinteraksi antar komunitas pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mencari Pengaruh Penerimaan teknologi
dengan Kebergunaan Web di Portal Rumah Belajar
(http://belajar.kemdibud.go.id), dengan sasaran para guru dan siswa selaku
praktisi akademis dan penyampai pesan pembelajaran di sekolah.

Abstract
Internet usage in Indonesia continue to grow over time. This along with the ease
and cheapness of people accessing the internet. Flow and exchange of information
via the Internet takes place so quickly and massively. Internet users from various
groups connected directly with a variety of materials (content) of learning are
available. Learning process that occurs in the classroom also received a significant
impact of Internet development, the learning content that used to only come from
the source text of the textbook, now become more diverse and varied. Both in
terms of formats and media used support.
Portal home study is an internet-based learning media (on line) that was built
specifically to facilitate teachers and students get the material or materials for the
purpose of teaching students. This portal can be accessed via:
http://belajar.kemdiknas.go.id. Unlike the internet sites in general, portal house
this study emphasizes the interactivity between the users the teachers and students
with learning portal house itself. Through the portal home learning, teachers and
students can access learning materials, interactive simulation as well as
communication and interaction between the educational community.
The purpose of this study is to look for relationships between web-based
interactive content with the web portal usability in learning process
(http://belajar.kemdiknas.go.id), targeting teachers as educators and teaching
messenger.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T30999
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 110 Pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30999 15-18-204914712 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20309745
Cover