SPBU sebagai penyedia layanan pengisian BBM di Kota Bogor berkembang pesat seiring berkembangnya jumlah penduduk dan pengguna kendaraan. Masing-masing SPBU tersebut memiliki variasi penjualan BBM yang berbeda-beda salah satunya karena dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal lokasi. Masing-masing faktor ini memiliki hubungan yang berbeda-beda terhadap variasi penjualan di SPBU Kota Bogor. Penelitian ini membahas variasi penjualan BBM secara spasial di SPBU Kota Bogor serta hubungannya dengan faktor internal dan eksternal lokasi SPBU dengan menggunakan analisis keruangan.
Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa penjualan jenis BBM terbesar di Kota Bogor berada di SPBU yang berlokasi di jalan arteri, seperti di Jalan Pajajaran dan Jalan Tajur, sedangkan penjualan terendah berada di Kota Bogor bagian barat. Masing-masing faktor internal dan eksternal lokasi SPBU di Kota Bogor memiliki hubungan yang signifikan terhadap penjualan BBM di Bogor.
Gas stations as fuel providers in the city of Bogor is rapidly growing with a growing number of residents and vehicles. Each of these stations have a different variety of sales because it is influenced by internal factors and external factors of locations. Each of these factors have different relationships to variations in sales. This study discusses the spatial variation of fuel sales at gas stations as well as it's relationship with internal factors and external location of gas stations using spatial analysis. From this study it can be seen that the biggest selling type of fuel in the city of Bogor located at gas stations on arterial roads, such as the Pajajaran Roads and Tajur Road, while the lowest sales in the western city of Bogor. Each of these internal and external factors of location have a significant relationship to the sale of gasoline at the gas stations in the city of Bogor.