UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengelolaan koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta = The management of children collection in Public Library of DKI Jakarta

Febrinna; Yohanes Sumaryanto, supervisor; Ike Iswary Lawanda, examiner; Sri Ulumi Badrawati, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi anak, khususnya koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu pengelolaan koleksi anak mulai dari pengadaan koleksi, pengolahan, temu balik dan kegiatan layanan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpumda DKI Jakarta yang memahami topik dari penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta.Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara (depth interview), dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta, yaitu bila dilihat dari koleksi buku sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari koleksi buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia pemustaka anak. Selain itu terdapat juga koleksi non-buku berupa mainan namun di dalam mainan yang ada tidak dapat digunakan oleh anak karena dikhawatirkan akan rusak. Hambatan dalam pengelolaan koleksi anak di Perpumda ini, yaitu anggaran dan lokasi perpustakaan.

The study is about the management of children collection in public library of DKI Jakarta. Problems of study are processing, retrieval, services in order children collection is used eficiently and effectively. The research approach is qualitative research with case study method. Methods of data collection are observation, interviews (depth interview), and document analysis.
The result of the research in children's collection management in Perpumda DKI Jakarta shown that book collection management is met users needs. It could be seen from the collection of books which already fullfilled the needs of children users. In addition, there also non-book collection such as toys. But, all the toys are unusable because of avoiding the damage. The obstacle in managing children collection in Perpumda is the limit of budget and the location is not strategic.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S43265
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xii, 74 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43265 14-22-45972307 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20311115
Cover