UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Mind dan dwelling : studi kasus dua dwelling keluarga Batak di Jakarta Timur = Mind and dwelling : case study two Batak family dwelling in East Jakarta

Austronaldo FS; Azrar Hadi H. Ramli, supervisor; Dalhar Susanto, examiner; Abimanyu T. Alamsyah, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Mind terkait dengan dwelling masa kecil memiliki peranan dalam membentuk dwelling sekarang. Tulisan ini menjelaskan bagaimana peranan ini dapat diekspresikan dalam ruang dengan melihat persamaan dari ruang labor dan kegiatan labor pada dwelling masa kecil dan hal serupa pada dwelling masa kini. Dengan mengambil dua keluarga Batak sebagai studi kasus, ditemukan bahwa mind terkait dwelling masa kecil berpengaruh terhadap keputusan yang dilakukan oleh salah satu keluarga dalam transformasi ruang yang telah disediakan oleh pihak perumahan. Transformasi ini terlihat dalam dua tindakan yaitu perluasan dan perubahan fungsi ruang. Persamaan dalam kedua kasus adalah keinginan untuk memiliki satu ruang besar meskipun terdapat perbedaan mind dari dwelling masa kecil dengan dwelling sekarang. Tulisan ini memperlihatkan bagaimana terkadang manusia diperbudak oleh kebutuhan dalam dunia modern dan meninggalkan nilai yang telah diberikan dalam mind masa kecil.
Mind associated with childhood dwelling in the past has a role in shaping todays dwelling. This writing explains how this association can be expressed in the form of space by finding any similarity between laboring space and laboring activity in the childhood dwelling and the same in todays dweling. Taking two Batak family as a case study, it has been found that mind associated with childhood dwelling do effect the decision made by one of the family in transforming the space that has been given by the housing authorities. This transformation is revealed in two actions i.e., expansion and changing the function of the space. The similarity between the two case is the desire to have one spacious room although there is a difference between childhood and todays dwelling. This writing portrays how we are sometimes enslaved by the needs of the modern world and leave the values that were embedded in our childhood mind.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S43286
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 62 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43286 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20311333
Cover