UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Tokoh dan penokohan anoman dalam Lakon Anoman Cariyos Banjaran = Characters and characterizations anoman based on the episode of Anoman Cariyos Banjaran

Lintang Rucita; Ari Prasetiyo, supervisor; Darmoko, examiner; Karsono Hardjosaputra, examiner; Novika Stri Wrihatni, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tokoh dan penokohan Anoman dalam cerita Lakon Anoman Cariyos Banjaran (LACB). Lakon ini dipergelarkan oleh Ki Timbul Cermamanggala. Rekaman suara pergelaran wayang ini diperoleh dari rekaman Radio Suara Kenanga Yogyakarta. Rekaman suara tersebut kemudian dibuat transkripsi ke dalam 140 halaman teks. Anoman adalah tokoh sentral dalam lakon tersebut. Anoman adalah anak dari Dewi Anjani.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori unsur-unsur cerita rekaan Prof. Panuti Sudjiman. Unsur-unsur cerita rekaan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah alur, tema, tokoh, dan penokohan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tokoh dan penokohan Anoman dalam LACB. Hasil analisis menyatakan bahwa Anoman memiliki watak sakti, berani, pemberi ketentraman dunia, loyal dan terhormat.

This undergraduate theses discusses about the character of Anoman and his characterization as implicitly told in the story of Lakon Anoman Cariyos Banjaran (LACB). This story brought by Ki Timbul Cermamanggala. The record of this story in an audio has been broadcasted by Radio Suara Kenanga Yogyakarta. This audio record is then being transferred to a 140 pages of written text. Anoman is a central character in that story. Anoman is Dewi Anjani's son.
The theory which applied in this research is the fiction's elements theory by Professor Panuti Sudjiman. The fiction or stories' elements which will be analyzed here are the plot, theme, character, and characterization. The aim of this research is to describe and analyze the character of Anoman and his characterization as showed in the story of LACB. The result of this research showed us that Anoman's characters are powerful, brave, loyal, and honourable, and also give the spirit of calmness and peace for the world.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S42962
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 58 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42962 14-22-11685298 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20311592
Cover