ABSTRAKSkripsi ini memaparkan simbol-simbol femininitas dalam iklan rokok perempuan
di Rusia. Iklan rokok telah sekian lama terkonstruksi ke dalam area maskulin.
Namun, hal ini nampaknya telah berubah. Telah terjadi perubahan makna dalam
iklan rokok perempuan di Rusia disebabkan oleh masuknya Transnational
Tobacco Companies pada tahun 1990-an. Metode yang digunakan dalam skripsi
ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk
menganalisis ketigabelas iklan rokok perempuan di Rusia digunakan teori
semiotika Roland Barthes dan teori gender sebagai konstruksi sosial milik Oakley
dan Connell. Dengan menganalisis struktur yang membangun masing-masing
iklan, disimpulkan bahwa perubahan makna simbol-simbol femininitas dalam
iklan rokok perempuan di Rusia merupakan sebuah bentuk market feminism.
AbstractThis thesis describes the symbols of femininity in female cigarette advertisings in
Russia. Cigarette advertising have long been constructed into a masculine area.
However, the construction seems to change. A change of meaning in female
cigarette advertising in Russia is caused by the influx of Transnational Tobacco
Companies in the 1990s. The method used in this thesis is a qualitative research
method with a case study approach. Semiotics theory of Roland Barthes and
gender theory as a social construction of Oakley and Connell are used to analyze
the thirteenth female cigarette advertisings in Russia. By analyzing the structure
that construct each advertising, it is concluded that the changes of meaning in
femininity symbols in female cigarette advertisings in Russia is a form of market
feminism.