ABSTRAKE-learning adalah salah satu contoh pemanfaatan internet di bidang pendidikan.
SCELE merupakan salah satu contoh pengaplikasian e-learning di FIK UI.
Adanya proses diskusi yang berlangsung melalui SCELE menimbulkan beragam
persepsi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
mahasiswa FIK UI Reguler terhadap metode pembelajaran online melalui SCELE.
Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Pengambilan sampel dengan
teknik stratified random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 83
mahasiswa FIK UI reguler, dari angkatan 2008, 2009, 2010 dan 2011. Hasil
analisa data menunjukkan bahwa 51,8% mahasiswa FIK UI mempunyai persepsi
negatif terhadap SCELE. Peneliti merekomendasikan agar penelitian berikutnya
menggunakan sampel yang lebih variatif, tidak hanya di FIK, tetapi seluruh
fakultas yang menggunakan SCELE.
AbstractE-learning is one example of the use of internet in education. SCELE is one
example of application of e-learning in FIK UI. The discussion process that goes
through SCELE causes on different perceptions among students. This study aims
to describe FIK UI Regular students? perceptions to SCELE. This research used
quantitative descriptive design. Sampling technique used was stratified random
sampling on 83 regular students? of FIK UI, class of 2008, 2009, 2010 and 2011.
The results showed that 51.8% of students have a negative perception to SCELE.
Researcher recommended that next research should use more diverse sample, not
only from FIK UI, but also other faculties that used SCELE.