UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Penyusunan skema penilaian untuk menilai tulisan siswa di kelas menulis Bahasa Indonesia untuk penutur asing tingkat madya = Developing marking scheme for assessing writing of the Intermediate Class in Indonesian Languages Learning Institution for foreign speakers

Harry Purnama; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; F.X. Rahyono, examiner; Khunou, Grace (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan membuat skema penilaian untuk kelas menulis tingkat madya di lembaga pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing. Skema penilaian yang coba dibuat adalah yang praktis digunakan dan menghasilkan penilaian yang andal. Skema dirancang dengan menggunakan langkah-langkah penyusunan skema penilaian yang dikemukakan oleh Mertler (2001). Pengujian skema penilaian dilakukan dengan bantuan tiga partisipan yang menilai tulisan yang sama. Sampel untuk pengujian skema penilaian diambil dari hasil ujian tengah semester dan ujian akhir semester dari enam kelas menulis bahasa Indonesia untuk orang asing tingkat madya periode Januari-Mei 2011. Data dari hasil penilaian itu kemudian dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil dari pengujian skema penilaian menunjukkan bahwa skema penilaian ini lebih cocok digunakan untuk menilai esai daripada menilai tulisan yang hanya terdiri dari satu paragraf.

ABSTRACT
The purpose of this study is to create a marking scheme for an intermediate writing class in Indonesian languages learning institution for foreign speakers. The marking scheme that I try to create is the one that is easy to use and yield reliable scores. This marking scheme is created by following the procedures proposed by Mertler (2001). The testing of this marking scheme is carried out by involving three teachers who assess the same writing. The samples for this marking scheme?s testing was taken from the mid semester tests and final semester tests from six intermediate level writing classes in the period of January-May 2011. Afterwards, data from this test were analyzed using ANOVA. The findings show that this marking scheme is more suitable to assess essays rather than assess one paragraph.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T31485
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 81 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T31485 15-19-612629344 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313025
Cover