UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perbandingan keluhan dismenore pada anggota unit kegiatan mahasiswa dengan tingkat aktivitas ringan, sedang, dan berat di pusat kegiatan mahasiswa Dan gymnasium Universitas Indonesia = The comparison between dysmenorrhea complaint of the student activity unit members with the light, moderate, and vigorous activities at the student activity centre and gymnasium of University of Indonesia

Ayulinda; Titin Ungsianik, supervisor; Hayuni Rahmah, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Dismenore diperkirakan meningkat 75% pada wanita dengan rentang usia 17-25 tahun. Penelitian sebelumnya menyatakan angka keluhan nyeri dismenore menurun dengan aktivitas fisik yang teratur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif komparatif dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keluhan nyeri dismenore pada berbagai tingkat aktivitas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 84 responden dan diambil dari anggota aktif unit kegiatan mahasiswa di Pusat Kegiatan Mahasiswa dan Gymnasium Universitas Indonesia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposif sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada perbedaan keluhan dismenore yang signifikan pada kelompok dewasa muda yang memiliki tingkat aktivitas ringan, sedang, dan berat (nilai p=0,518). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi terkait dismenore yang terjadi pada kelompok-kelompok yang memiliki tingkat aktivitas yang berbeda.

Dysmenorrhea has been estimated to rise up to 75% of women between 17 and 25 years old. The last study showed that physical activity could reduce pain of dysmenorrhea. This study used comparative descriptive design to identify the difference of dysmenorrhea complaints of the student with the light, moderate, and vigorous activities. Total sample of this study were 84 respondents who were active at the activity student unit in the Student Centre and Gymnasium University of Indonesia. This study applied purposive sampling technique to collect data.
Result of this study showed that there was no significant difference of dysmenorrhea complaints of the student activity unit members with the light, moderate, and vigorous activities at University of Indonesia (p value = 0,518). This study can be used as information resource related to dysmenorrhea at different levels of activites groups.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S43607
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 43 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43607 14-17-463144585 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313030
Cover