ABSTRAKKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
melakukan aktivitas media relations yang dilaksanakan oleh Humas yang
tergabung dalam Pusat Komunikasi Publik untuk mencapai publisitas yang
dapat digunakan untuk penyebarluasan informasi mengenai pariwisata dalam
negeri kepada masyarakat khususnya calon wisatawan nusantara. Penelitian ini
mencoba menganalisis secara deksriptif mengenai aktivitas media relations
untuk mencapai publisitas yang dapat mendukung promosi pariwisata dalam
negeri dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara
mendalam serta melakukan studi pustaka seperti data yang didapatkan dari
sumber literatur kepustakaan berupa buku-buku, surat kabar, artikel/tulisan
pada media massa dan internet, foto, dokumen dan website Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan bahwa Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyadari bahwa media merupakan hal yang
sangat penting untuk dapat menyebarluaskan informasi mengenai promosi
pariwisata dalam negeri, dan hubungan dengan media tersebut dapat
diupayakan melalui aktivitas media relations yang dilakukan oleh Humas
secara konvensional dan special treatement walaupun dalam prakteknya
terdapat banyak hambatan. Humas juga telah melakukan peran, fungsi serta
tugasnya dalam upaya pencapaian publisitas pendukung promosi pariwisata
dalam negeri melalui aktivitas media relations tersebut.
ABSTRACTMinistry of Tourism and Creative Economy, Republic of Indonesiaholds media relations activities that is implemented by Public Relations whichis incorporated in Centre of Public Communication in efforts to achievepublicity which can be used to dissemination of information about domestictourism promotion especially candidate of domestic tourism. This thesis try toanalize in descriptive way about media relations activity to achieve publicity forsupporting domestic tourism promotion by using qualitative approach throughin depth interviews, and also doing literature study such as data obtained fromliterature sources in form books, newspaper, article/posts on mass media andinternet, photos, document and website of Ministry of Tourism and CreativeEconomy.Conclusion of this thesis shows that Ministry of Tourism and CreativeEconomy realize that media is a very important thing to disseminationinformation about promotion of domestic tourism, and media relations can bepursued through media relations activities conducted by the Public Relations inconventional and special treatment although in practice there are manyobstacles. Public Relation also has done the role, functions and duties well insupporting efforts to achieve publicity for tourism promotion activities in thecountry through the media relations.