UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh median dengan pembatas beton terhadap jenis kecelakaan di Jalan Tol = Effect of median with concrete barrier against type accident at the toll road

Teddy Rusmawan; Tri Tjahjono, supervisor; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, supervisor; R. Jachrizal Sumabrata, examiner; Alvinsyah, examiner; Alan Marino, examiner ([Publisher not identified] , 2011)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini menguraikan faktor geometrik median dengan jenis beton hubungannya dengan jenis kecelakaan dan korban meninggal dunia maupun luka pada Jalan Tol Jakarta ? Cikampek, Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Purbaleunyi dengan jumlah lajur yang diteliti adalah 2 lajur. Variabel yang telah dievaluasi adalah: lebar lajur, lebar bahu bagian dalam dan lebar bahu bagian luar, lebar median, bentuk median. Bahwa model Ramalan Kecelakaan telah dibangun melalui kilometer panjangnya yang menggunakan struktur kesalahan negatif binomial. Tingkat resiko jenis kecelakaan dan tingkat fatalitas korban kecelakaan korban meninggal dunia maupun korban luka diperoleh tiap variabel yang signifikan. Analisis membentuk model ramalan menggunakan Generalized Linear Modeling (GLIM) yang menggunakan struktur non normal error Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel volume arus lalu lintas dan lebar lajur mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap terjadinya kecelakaan dengan korban luka maupun meninggal dunia selain variabel tersebut variabel lebar median dan jenis median berpengaruh terhadap terjadinya kecelakaan tunggal tidak melibatkan kendaraan lainnya dari arah yang berlawanan. Dan untuk mengurangi korban meninggal dunia maupun luka akibat terjadinya kecelakaan karena median pembatas beton, maka median jalan yang paling sesuai untuk mengurangi fatalitas korban adalah median jalan jenis flexible.

Abstract
This research describe median geometric factor with the relation of concrete type of with accident type and death victim and fatalities at Jakarta Toll - Cikampek, Jagorawi Toll and Purbaleunyi Toll with the number of lane that have checked are 2 lanes. Some variables that have been evaluated are: wide of lane, wide of the both side road, wide of median and median form. Prediction Model of Accident have been build through length kilometer using a negative binomial error structure . Risk accident type and victim fatality level accident of victim and fatalities obtained by every significant variable. Shape analysis Prediction Model using generalized linear modeling (GLIM) uses a non normal error. Result of this Research show that traffic current volume variable and wide of lane have enough influence to the accident with injury and Fatalities. Besides that the variable of wide and the type of median also have an effect to the accident which is not involved other vehicle from the adversative direction. To decrease the fatalities and injury of the accident because of the median of concrete as a separator , so it is recommended to use the flexible type of median to decrease fatality.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T31722
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 49 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T31722 15-18-771111773 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313318
Cover