ABSTRACTThis study aimed to examine the factors that cause time income (headway)
and speed of the bus TransJakarta in each bus station. Observations carried out to
see the influence of headway and speed that cause of waiting time of passangers
more longer. The method carried out with make simulation with using observation
data directly of departure and arriving in each station and speed that using of the
buses. Then simulation result analyzed by using macroscopic modelling and
compared with using the intelligent autonomous vehicle which is developed in
LAGIS Laboratory. The automation of driving tasks carries a large number of
benefits, such as the optimization of the use of transport infrastructures, the
improvement of mobility, the minimization of risks, travel time, and energy
consumption.
ABSTRAKPenelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji faktor yang mempengaruhi
jarak waktu kedatangan (headway) dan kecepatan (speed) bus TransJakarta di
setiap halte bus. Observasi dilakukan untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang
mempengaruhi headway dan speed yang mengakibatkan waktu tunggu para
penumpang menjadi lebih besar. Metode yang dilakukan dengan melakukan
simulasi dengan menggunakan data pengamatan secara langsung waktu
keberangkatan bus dan waktu tiba bus di setiap halte serta kecapatan yang
digunakan. Kemudian hasil simulasi dianalisa menggunakan permodelan
macroscopic dan dibandingkan dengan menggunakan bus otomatis yang
dikembangkan di labolatorium LAGIS. Kendaraan Otomatis sejak otomatisasi
tugas-tugas mengemudi membawa sejumlah besar manfaat, seperti optimalisasi
penggunaan infrastruktur transportasi, peningkatan mobilitas, minimalisasi risiko,
waktu perjalanan, dan konsumsi energi.