ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh korosi atmosfer
lingkungan air laut terhadap disain ketebalan pipa penyalur. Dilakukan pengujian
uji komposisi dan uji tarik untuk mengetahui indentifikasi pipa penyalur sesuai
dengan API 5L grade B. kemudian dilakukan pengukuran ketebalan aktual pipa
untuk mengetahui sisa umur pakai, dilakukan pengujian korosi dengan metoda
salt spray dan pengujian lapangan berdasarkan data yang ada, mereview dan
menganalisa data pipeline untuk mengetahui nilai risk tertinggi yang dijadikan
asumsi dasar ketebalan pipa untuk daerah yang akan dijadikan tempat jalur pipa
penyalur. Hasil kalkulasi, sisa umur berdasarkan ketebalan pipa API 5L grade B
dapat layak operasi. Dengan laju korosi 0.67 ipy maka ketebalan untuk
lingkungan air laut adalah 0.71 inci. dan hasil perhitungan risk tertinggi adalah
4.02 maka ketebalan yang tepat adalah 0.51 inci. Dengan ketebalan jauh dari
ketebalan nominal maka dianjurkan pipa yang melewati laut atau bermalam
hingga berhari-hari di dermaga atau pelabuhan perlu dilakukan Coating agar pada
saat pemasangan tidak mengalami kemunduran disain.
ABSTRACTThe main aim of this experiment is to analyze the influence of atmospheric
corrosion of sea water environment to the thickness design of the conduit. Tests
performed are the composition test and tensile test to determine the identification
conduit in accordance with API 5L grade B. Thereafter, the actual thickness of
the pipe is measured to determine the remaining life, corrosion testing performed
by the method of salt spray and field testing based on existing data. The pipeline
data are reviewed and analyzed to determine the highest risk to be the basic
assumption thickness of the pipe to be used in the area of the supplier pipeline.
The results of calculation of the pipeline remaining life based on the thickness of
the API 5L grade B have a can reasonable operated. With the corrosion rate of
0.67 (ipy) thickness for seawater environment is 0.71 inches and from the risk
management, highest risk calculation is 4.02 with the proper thickness is 0.51
inches. With a thickness far from the nominal thickness of pipe, it is recommended
for the pipes, that are distributed through the sea till stay up for days on the pier
or port, to be coated so by the time of installation it will not experience a setback
design.