ABSTRAKBullying merupakan masalah yang sering terjadi pada anak usia sekolah di seluruh
dunia. Karakteristik anak dapat mempengaruhi kerentanan anak untuk mengalami
kejadian bullying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan
antara karakteristik anak seperti usia, kelas, jenis kelamin, dan kecenderungan
berkelompok dengan kejadian bullying di sekolah. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional.
Penelitian ini melibatkan 60 orang anak yang duduk di kelas empat dan lima di
SD X. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik acak
stratifikasi. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 65% anak pernah mengalami
kejadian bullying. Kejadian bullying diketahui tidak berhubungan dengan usia
maupun tingkatan kelas anak. Akan tetapi, kejadian bullying ini berhubungan
dengan perbedaan jenis kelamin serta kecenderungan anak dalam berkelompok
(geng). Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam
penyusunan program-program anti-bullying di sekolah.
ABSTRACTBullying is now widely recognized as a major problem among elementary schoolchildrens. Individual characteristics that present on school age children can bepredisposition factors that contributes into bullying incidence.This study aims todetermine the correlation between school age children?s characteristics andbullying incidence at school. The method that used in this study was descriptivecorrelativemethod with point time approach (cross sectional) and involved 60students in fourth and fifth grade at SD X. Sampling technique that used in thisstudy was stratified random sampling. Results of this study showed that that 65%students at SD X was involved with bullying and there is not relationship betweenchild?s age and grades with bullying incidence. However, result of this studyshows that gender differences and preference of being in groups (gang) related tobullying incidence at school. Therefore, school institution should have antibullyingprogrammes in order to reduces bullying incidence at school.