ABSTRAKPerubahan di PT PLN (Persero) Pusdiklat membuat karyawan dituntut
untuk siap menghadapi perubahan yang terjadi. Dalam penelitian ini membahas
tentang pengaruh antara self efficacy dan transformational leadership terhadap
kesiapan individu dalam menghadapi perubahan. Subyek pada penelitian ini
adalah karyawan PT PLN (Persero) Pusdiklat Kantor Induk, Unit Assessment
Centre dan Unit Sertifikasi sejumlah 51 orang.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Self Efficacy
dari Chen, et al., 2001; Skala Transformational Leadership dari Rafferty dan
Griffin, 2004; serta Skala Kesiapan Menghadapi Perubahan dari Hanpachern,
1997. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji regresi ganda menunjukkan
bahwa self efficacy dan transformational leadership secara bersama ? sama
memberikan pengaruh sebesar 66,9% terhadap kesiapan menghadapi perubahan
dengan taraf signifikasi 0,000. Self efficacy memberikan sumbangan sebesar
43,6% dan transformational leadership sebesar 23,3%. Berdasar hasil tersebut,
subyek diintervensi melalui pelatihan self efficacy untuk meningkatkan kesiapan
menghadapi perubahan. Hasil intervensi menunjukkan T = 1,727; p = 0,108 (tidak
signifikan). Implikasinya, perlu dilakukan follow up terhadap hasil penelitian ini
untuk perbaikan di masa yang akan datang.
Abstract The research discussed the changes in PT PLN (Persero)
Pusdiklat. The subject were 51 staff of PT PLN (Persero) Pusdiklat,
Assessment Centre and Sertification Unit . The changes that happen in
the institution makes the staff should ready for the process of chane. In
this research, we discussed about the influence of self efficacy and
transformational leadership toward readiness for change.
The research using three scale to measure the variable. First, self
efficacy scale used by Chen, et al. (2001), transformational leadership
scale by Rafferty and Griffin (2001), and readiness for change by
Hanpachern, 1997. The analysis shows there is influences of self efficacy
and transformational leadership toward readiness for change. The
influence provides significant value (R²=0,669, p=0,000). Based on these
results, we give the subject intervention through self efficacy training.
Results show from intervention (t = 1,727; 0,108= insignificant ). For the
next, the organization should create a program to follow up this result.