Skripsi ini membahas mengenai gambaran umum tinggi badan terhadap umur (TB/U) serta faktor lain yaitu karakteristik siswa, karakteristik keluarga, dan durasi pemberian ASI, serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa kelas 3 dan 4 SDN Cinere 2 Cinere, Depok Tahun 2012. Penelitian ini bersifat deskriptif dan analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan April tahun 2012. Sampel minimal penelitian ini adalah sebesar 103 namun dalam penelitian ini berhasil didapat sebanyak 115 responden. Perhitungan sampel tersebut menggunakan uji hipotesis beda dua proporsi.
Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat 49,6% siswa memiliki prestasi kurang. Dalam penelitian ini juga ditemukan 14,8% siswa yang tergolong pendek (stunting) dengan rincian 1,7% sangat pendek dan 13,7% pendek. Uji statistik yaitu uji chi-square menunjukkan adanya hubungan antara variabel kebiasaan sarapan, angka kecukupan energi, angka kecukupan protein, pendidikan ayah, pendidikan ibu, dan durasi pemberian ASI, dengan prestasi belajar siswa. Uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara beberapa variabel dengan prestasi belajar namun menunjukkan adanya kecenderungan siswa yang pendek, kurang asupan Fe, absen lebih dari 2 hari, nomor urut anak ketiga atau lebih dalam keluarga, dan siswa yang ibunya bekerja, lebih banyak memiliki prestasi belajar yang kurang baik.
Penelitian ini lebih jauh menyarankan baik bagi pihak orang tua siswa maupun sekolah untuk lebih memperhatikan gizi pada siswa SD. Saran lainnya yaitu pada ibu yang masih memiliki anak bayi agar melanjutkan pemberian ASI hingga usia dua tahun. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam hubungan antara TB/U dengan prestasi belajar pada anak serta melihat pada populasi dalam penelitian ini apakah hubungan variabel dependen dengan prestasi belajar bersifat sementara atau permanen.
This thesis discusses about general description of height for age, characteristics of individual, characteristics of family, and breastfeeding duration, and also its relationship with the 3rd and 4th grade student?s academic achievement in Cinere 2 public elementary school, Cinere, Depok 2012. This is a descriptive and analitical study which was designed with cross sectional approach. This study had been done on April 2012. Minimum sample of this study is 103 but in this study we got a total of 115 respondents.The result of this study showed that 49,6% of students were having lower academic achievement. This study also showed that there were 14,8% of students classified as stunting (1,7% severly stunting and 13,7% stunting). Chi-square analysis showed that breakfast, energy intake adequacy, protein intake adequacy, parent's education, and breastfeeding duration, were significantly correlated with student's academic achievement. Interestingly, this study also found out that stunting, lack of iron intake, absent more than two days, the 3rd child or more in family, and student whose mother are working, tend to have lower academic achievement.Furthermore, this study suggest the parents and school to put more concern on school children?s nutrition. Another suggestion from this thesis is to continue breastfeed the infants until two years. Finally, this study needs more exploration hence advanced studies are needed to know if the correlation between dependent and independent variables are lasting temporarily or permanently.