ABSTRAKPerawat berkewajiban untuk melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan,
namun pengetahuan perawat terkait dokumentasi keperawatan dinilai masih
kurang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi
deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan di
RSUP Persahabatan. Sampel penelitian adalah sebagian perawat yang bertugas di
ruang rawat inap RSUP Persahabatan sebanyak 106 orang. Hasil penelitian
menunjukkan tingkat pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan
mencapai 64,4% (kategori cukup baik). Terdapat hubungan antara pendidikan
dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,006),
usia dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan
(p=0,001), masa kerja dengan pengetahuan pengetahuan perawat terkait
pendokumentasian keperawatan (p=0,002), serta pelatihan dengan pengetahuan
perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,005). Hasil penelitian
menyarankan peningkatan pengetahuan dalam pendokumentasian keperawatan
melalui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan, yaitu peningkatan
pendidikan perawat ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengupayakan
pemberian pelatihan pendokumentasian keperawatan secara berkala.
ABSTRACTNurses are obliged to do documentation of nursing care, but the nurse'sknowledge related to nursing documentation is still considered lacking. This studyuses quantitative methods to the design of descriptive correlative study whichaimed to identify factors that influence nurse's knowledge related to nursingdocumentation in Persahabatan Hospital. The samples were partially nurse whoworks in the inpatient room at Persahabatan Hospital as many as 106 people. Theresult has shown that the level of nurse's knowledge in nursing documentation hasreached 64.4% (good enough category). There was a correlation betweeneducation to nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.006), age withnurse's knowledge of nursing documentation (p=0.001), time of work with nurse'sknowledge of nursing documentation (p=0.002), and the training with nurse'sknowladge of nursing documentation (p=0.005). The result has suggested toimprove the knowledge of nurses in nursing documentation through the factorsthat influence knowledge, such as increasing nurse education to higher levels ofeducation and providing periodic training of nursing documentation.