ABSTRAKTesis ini bertujuan merancang kurikulum Bahasa Inggris untuk Jurusan
Manajemen di sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang berlokasi di
salah satu kota di Jawa Barat. Kurikulum dirancang dengan menggunakan
langkah-langkah yang dikemukakan Nation dan Macalister (2010) dan Richards
(2001). Dalam perancangan program ini, penulis terlebih dahulu melakukan
analisis terhadap silabus lama Bahasa Inggris dan kurikulum Jurusan Manajemen
di STIE. Langkah selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner kepada pemelajar
Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen STIE, pengajar mata kuliah Bahasa Inggris,
pengajar mata kuliah keahlian, pihak institusi, dan pengguna lulusan/industri.
Wawancara dilakukan terhadap Koordinator Matakuliah Bahasa Inggris di STIE.
Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasa
Inggris yang saat ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan ke depannya. Data
dianalisis guna merumuskan program Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen
STIE. Program Bahasa Inggris yang diajukan terdiri dari lima matakuliah, yakni
Bahasa Inggris I, Bahasa Inggris II, Bahasa Inggris III, Bahasa Inggris IV, dan
Bahasa Inggris V. Jenis silabus yang digunakan merupakan silabus proto yangg
berdasar pada topik, keterampilan, tugas, dan fungsi. Topik ditentukan sesuai
dengan isu relevan dengan kehidupan mahasiswa dan studi bisnis-manajemen.
Kurikulum yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuan
pengajaran Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen dan untuk memenuhi kebutuhan
berbagai pemangku kepentingan di STIE.
AbstractThe aim of this theses is to design a proposed curriculum for English course in
Management Department at one of School of Business (Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi, or STIE) located in one of the cities in West Java. The curriculum was
designed using the stages proposed by Nation and Macalister (2010) and Richards
(2001). In designing the curriculum, the writer first analyzed the English syllabus
used for English subject and the curriculum of STIE?s Management Department.
Further survey was done by distributing questionnaires to the students in
Management Department, the English lecturers, the core-subject lecturers, the
institution, and the users (industry). Interview was conducted with the Head of
English subject. These were done to find information about the current condition
of teaching and learning English and the expectation about teaching and learning
English at the Department in the future. The data was analyzed to formulate the
English program in STIE?s Management Department. The proposed program
consists of five courses, that is English I, English II, English III, English IV, and
Engish V. The type of syllabus selected integrates TOPIC-BASED, SKILLBASED,
TASK-BASED based, and FUNCTION-BASED. Topics are chosen
according to issues which are relevant to student life and management study. The
proposed curriculum design is expected to achieve the aims of the course and to
fulfil the various stakeholders? needs.