ABSTRAKKecelakaan lalu lintas merupakan salah satu ancaman yang
paling rawan terhadap keamanan dan ketertiban dibidang lalu
lintas jalan raya, sebab selain menyebabkan kerugian harta
benda juga dapat menimbulkan korban jiwa. Situasi kecelakaan
lalu lintas di Indonesia menunjukkan gambaran yang meningkat
dari tahun ketahun, sehingga merupakan salah satu penyebab
kematian yang utama di Indonesia.
Kecelakaan lalu lintas sepeda motor merupakan jenis kece-
lakaan lalu lintas yang paling banyak terjadi di jalan raya,
sehingga menjadi penyebab utama kematian atau cedera yang me-
merlukan perawatan mondok di Rumah Sakit.
enis kendaraan sepeda motor adalah jenis kendaraan bermotor
yang paling banyak di Jakarta, lebih dari separuh dari selu-
ruh jenis kendaraan yang ada.
Pada pemakai sepeda motor, baik pengemudi maupun pembonceng
berada dalam keadaan kurang terlindung dari akibat kecelakaan
lalu lintas. Korban kecelakaan lalu lintas sepeda motor, paling banyak me-
ngalami benturan pada kepala, sehingaa mengakibatkan korban
menderita cedera kepala ( trauma kapitis ) dan menyebabkan ke-
matian ditempat kecelakaan atau memerlukan perawatan mondok
di Rumah Sakit.
Untuk mengatasi situasi yang rawan dibidang lalu lintas,
POLRI telah melaksanakan berbagai macam kegiatan,antara lain
dengan mengadakan Operasi Zebra 1985, dengan tujuan untuk me-
ngurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan menurunkan kerugi-
an harta benda serta korban jiwa.
Salah satu anjuran yang terdapat dalam kegiatan Operasi Zebra
1985 adalah anjuran untuk memakai helm bagi pemakai sepeda -
motor di wilayah DKI-Jakarta, dengan harapan dapat mengurangi
korban yang menderita cedera kepala baik yang mati ditempat
kecelakaan/dalam perjaianan ke Rumah Sakit maupun korban yang
memerlukan rawat mondok di Rumah Sakit.
Dengan maksud untuk mengetahui sampai sejauh mana helm
dapat melindungi kepala / dapat mengurangi cedera pada kepala
pemakai sepeda motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas ,
maka dilaksanakan penelitian tentang pengaruh pemakaian helm
terhadap derajat trauma kapitis yang diderita oleh pemakai
sepeda motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas di wilayah
DKI-Jakarta Serta dirawat di R.S.C.M.
Jenis Penelitian adalah suatu studi observasional dengan
desain Cohort-non-concurrent.