UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Persepsi pengasuhan pada penderita adiksi seksual dan bukan penderita adiksi seksual = Parenting perceived on sexual addicted and non sexual addicted

Wulan Megawaty; Tri Iswardani Adianto, supervisor; Dini P. Daengsari, examiner; Agustine Dwi Putri Sukarian, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk menelaah dan mencari perbedaan mengenai persepsi pengasuhan orang tua pada penderita adiksi seksual dan bukan penderita adiksi seksual sewaktu masa kanak-kanaknya dulu agar dapat menambah pengetahuan mengenai pemahaman adiksi seksual yang masih minim di masyarakat Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif Untuk mengukur kecenderungan adiksi seksual, peneliti menggunakan Sexual Addiction Screening Test- Revision (SAST-R) yang dikembangkan oleh Patrick Carnes (2008). Sedangkan untuk mengukur persepsi pengasuhan orangtua, peneliti menggunakan Parenting Acceptance-Rejection Questionnaire (PARQ) yang dikembangkan oleh Ronald P. Rohner (2005) yang mempunyai dua kutub kontinum persepsi pengasuhan yaitu, penerimaan dan penolakan. Partisipan dalam penelitian ini sejumlah 36 responden yang sudah melalui tahap penyeleksian dan masuk dalam kategori adiksi seksual dan 30 responden yang tidak termasuk kedalam kategori non adiksi seksual. Dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan Chi Square, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa ttidak terdapat perbedaan persepsi pengasuhan oleh ayah pada individu yang memiliki adiksi seksual dengan yang tidak memiliki adiksi seksual, sedangkan untuk versi ibu terdapat perbedaan persepsi pengasuhan penolakan oleh ibu pada individu yang memiliki adiksi seksual dengan individu yang tidak memiliki adiksi seksual.

This study intends to examine and look for differences in perceptions of parenting in people with sexual addiction and people without sexual addiction during their childhood first in order to increase knowledge about the understanding of sexual addiction that is still minimal in society. This study uses the type of quantitative research. To measure the tendency of sexual addiction, researcher used the Sexual Addiction Screening Test-Revision (SAST-R) developed by Patrick Carnes (2008). Meanwhile, to measure perceptions of parenting, researcher use Acceptance-Rejection Questionnaire Parenting (Parq) developed by Ronald P. Rohner (2005) which has two poles of the continuum of care perceptions, acceptance and rejection. Participants in this study, a number of 36 respondents fall into the category of sexual addiction and 30 respondents who were not included into the category of non-sexual addiction, which both have been through the screening stage. By using descriptive statistical analysis and the Chi Square, this study showed that there were no differences in the perception of paternal care on the individual who have a sexual addiction and those who does not have a sexual addiction, whereas for maternal care there are differences in the perception of rejection by the mother in individuals who have sexual addiction with individuals who do not have a sexual addiction.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 50 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-94778629 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20317312
Cover