UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Evaluasi dan perancangan desain usulan meja dan kursi sekolah yang ergonomis dengan menggunakan virtual human modeling = evaluation and design of ergonomic chair and school desk using virtual human modeling

Anisha Puti Lalita; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor; Erlinda Muslim, examiner; Armand Omar Moeis, examiner; Amalia Suzianti, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Kesalahan desain serta ukuran kursi dan meja sekolah dapat mengakibatkan terbentuknya postur yang membahayakan bagi kesehatan siswa, terutama yang berkaitan dengan cedera pada tulang belakang. Penelitian ini akan membandingkan ukuran kursi dan meja sekolah yang sudah digunakan di sekolah dasar dengan ukuran tubuh siswa untuk mengetahui apakah meja dan kursi ini sudah didesain dengan ukuran yang benar. Selain itu, penelitian ini juga mempelajari postur duduk siswa SD yang terbentuk oleh desain kursi dan meja sekolah tersebut untuk mengetahui efek dari postur duduk tersebut terhadap kesehatan muskuloskeletal mereka. Evaluasi terhadap postur duduk ini dilakukan menghitung nilai Posture Evaluation Index (PEI) yang diperoleh menggunakan konfigurasi Virtual Human Modeling dengan software Jack 6.1.

Improper design and size of school furniture can lead to formation of dangerous posture for student?s health, particularly those associated with injury to the spine. This research was comparing the dimensions of school furniture to student?s dimensions, in primary school, and determines whether this type of furniture is well-designed. Moreover, this research also studied about the sitting posture of elementary school students formed by the design of school furniture. It also evaluated the effect of sitting posture to their musculoskeletal health using the Posture Evaluation Index (PEI) which counted using configuration of Virtual Human Modeling in software Jack 6.1.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S1539
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 165 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S1539 14-17-551996151 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20317865
Cover