Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi masih rendah. Penggunaan kondom di wilayah Puskesmas Perawatan Simpang Empat 0,7%, di bawah pencapaian kabupaten yaitu 1,4% tahun 2012. Tujuan penelitian untuk mengetahui alasan tidak berintensi menggunakan kondom pada suami. Metode yang digunakan desain Cross Sectional. Populasi semua suami berstatus menikah, pengambilan sampel secara probability proportional. Hasil penelitian, penggunaan kondom oleh suami 6,5% dan intensi menggunakan kondom 14,3%. Alasan suami tidak berintensi menggunakan kondom karena adanya stigma perilaku seks di luar pernikahan, malu negoisasi dan malu membeli.
Hasil uji statistik tidak ada hubungan mengurangi kenikmatan dengan intensi menggunakan kondom dengan nilai p=0,57 >α(0.005). Pada variabel stigma perilaku seks di luar pernikahan p value 0.001, malu negosiasi <0,001 dan variabel malu membeli 0,031 < α (0.005) berarti ada hubungan yang bermakna antara ketiga variabel tersebut dengan intensi penggunaan kondom pada suami. Perlunya peningkatan promosi kondom baik melalui bidan, petugas lini terdepan BKKBN, organisasi kewanitaan, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan informasi yang benar tentang kondom di tengah masyarakat.
The use ofcondoms as contraceptives remains low. The use ofcondoms in the health center Simpang Empat Care 0.7%, below the achievement of the district is1.4% in 2012. The purpose of research to find reasons not to use condoms to their husbands intensions. The method used Cross Sectional design. Population of all husbands are married, probability proportional sampling. Results of the study, the use of condoms by husbands 6.5% and14.3% intentions to use condoms. Reason not intension husband use a condom because ofthe stigma ofsexual beha vior outside ofmarriage, embarrassed and as hamed purchase negotiations. The results of the statistical test has nothing to do with the intention of reducing the pleasure of using a condom with a value ofp=0.57>α(0005). On stigma variables of sex outside of marriage behavior p value 0.001, shame negotiation <0.001 and 0.031variables embarrassed buy <α(0005) means there is a significant association between these three variables withthe intention of using condoms to their husbands. The need for increased promotion of condoms through midwives, BKKBN front line officers, female organizations, religious leaders and community leaders to provide correct information about condoms in the community.