Skripsi ini bertujuan untuk membandingkan estimasi VO2 max, status gizi, aktivitas fisik, dan asupan gizi (energi, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, dan zat besi) antara anak normal dan anak dengan retardasi mental. Penelitian ini menggunakan desain ecological study. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret - April 2012 di SDN Srengseng Sawah 07 dan SLBN 02 Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan VO2 max dan aktivitas fisik yang lebih rendah secara siginifikan pada kelompok anak dengan retardasi mental (p =0,001). Rata-rata asupan kelompok dengan retardasi mental lebih tinggi secara bermakna untuk asupan protein (p=0,007), vitamin A (p=0,043) dan vitamin B2 (p=0,027).
Sekolah disarankan untuk rutin melakukan tes kebugaran kardiovaskular. Pada anak dengan retardasi mental disarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan menjaga asupan makan.
The purpose of this study is to compare estimated VO2 max, nutritional status, physical activity, and nutritional intakes (energy, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, calcium, and iron) between normal children and children with mental retardation. This research is an ecological study. Data were collected from March to April 2012 in SDN Srengseng Sawah 07 and SLBN 02 Jakarta. This study shows that estimated VO2 max and physical activity in children with mental retardation is significantly different (p=0,001). Mean of nutritional intakes in children with mental retardation is siginificantly higher in protein (p=0,007), vitamin A (p=0,043), and vitamin B2 (p=0,027). It is suggested that the school has to examine the cardiovascular fitness regularly. Children with mental retardation are suggested to increase their physical activity and control their food intake.