UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan standarisasi peta proses service dengan metode lean six sigma (studi kasus divisi recovery pada kontraktor telekomunikasi) = standardize of design service process flow using lean six sigma methode (case study recovery division at telecomunication contractor)

Eka Purwani; Amalia Suzianti, supervisor; Boy Nurtjahyo Moch., examiner; Dendi Prajadhiana Ishak, examiner; Fauzia Dianawati, examiner; Dwinta Utari, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keterlambatan proses service akibat
prosedur service yang ada belum efisien. Oleh karena itu perlu dirancang
standarisasi peta proses sevice untuk menentukan durasi waktu optimal untuk tiap
aktivitas dalam sebuah proses service sehingga akan didapat durasi waktu proses
service yang optimal. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan
studi kasus Divisi Recovery pada sebuah perusahaan kontraktor telekomunikasi.
Berdasarkan studi kasus ini, waktu optimal proses service disebut sebagai Mean
Time To Recovery (MTTR). Penelitian ini menggunakan pendekatan lean six
sigma untuk memperbaiki aliran proses service dengan tahapan DMAIC. Hasil
yang didapat adalah faktor-faktor yang berpengaruh dalam kecepatan proses
service dan peta proses service baru dengan MTTR yang lebih optimal namun
tetap merepresentasikan kondisi lapangan. Berdasarkan peta proses baru, MTTR
untuk proses service tanpa manuver adalah 4.8 jam dengan efisiensi waktu sebesar
57% serta kenaikan nilai PCE 23% dari 44% menjadi 54%. Untuk proses service
dengan manuver didapat MTTR optimal sebesar 4.36 jam dengan efisiensi waktu
sebesar 66% serta kenaikan nilai PCE 22% dari 41% menjadi 50%. Hasil
penelitian ini nantinya tidak hanya dapat diterapkan pada Divisi Recovery, namun
juga pada divisi lain yang memiliki karakteristik proses service sejenis.

Abstract
Background of this research is many delays in service process because the
procedures is not effisien. Therefore, it is necessary to standardize the service
process flow to determine the optimal duration for each activity in a service
process that will get the optimal of service prosess time. To conduct this research,
it is used case study from Recovery Division on the telecommunications
contractor. Base on this case study, we called optimal service time as mean time to
recovery (MTTR). This research using lean six sigma approach for construct
improvement of service prosess flow with DMAIC phases. The results is some
factors which affect the speed of service prosess flow and a flowchart of the new
service process flow with an optimal time, but it is still represent field conditions.
The new MTTR for service process without maneuvering is 4.8 hours by the time
efficiency of 57% and the increase PCE value of 23% from 44% to 54%. The new
MTTR for service process with maneuvering is 4:36 hours with time efficiency by
66% and the increase PCE value of 22% from 41% to 50%. The results of this
research will not only be applied to the Division of Recovery, but also in other
divisions that have similar characteristics of the service process flow.

 File Digital: 1

Shelf
 S42439-Perancangan standarisasi.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S42439
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : online resource ; volume
Deskripsi Fisik : xiii, 70 pages ; illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42439 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20318784
Cover