Latar Belakang : Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku keterlibatan ayah adalah tingkat pendidikan. Ayah yang berpendidikan tinggi menghabiskan waktu lebih banyak dalam pengasuhan dibandingkan dengan ayah yang kurang berpendidikan (Sayer et. al., 2004).
Metode : Peneliti akan melihat bagaimana perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku keterlibatan ayah dalam pengasuhan bayi usia 0-12 bulan antara ayah berpendidikan dasar, menengah, dan tinggi dengan melibatkan 95 data ayah.
Analisis Statistik : Dari teknik analysis of variance (ANOVA) akan diperoleh perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku keterlibatan ayah dalam pengasuhan bayi usia 0-12 bulan antara kelompok ayah.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perebedaan yang signifikan pada pengetahuan, sikap, dan perilaku keterlibatan ayah dalam pengasuhan bayi usia 0-12 bulan antara ayah berpendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
Kesimpulan : Tingkat pendidikan ayah tidak menyebabkan adanya perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku keterlibatan ayah dalam pengasuhan bayi usia 0-12 bulan. Peneliti menduga adanya perbedaan hasil penelitian ini dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya disebabkan karena adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi keterlibatan ayah, seperti faktor budaya, jumlah anak, status pekerjaan istri, dan adanya bantuan dari pihak lain dalam pengasuhan.
Background : One of the factors which influence the involvement behaviour of the father is the level of his education. Higher educated fathers spend more time in childcare than less educated fathers (Sayer et. al. 2004). Methode : This research was conducted to find the difference of knowledge, attitude, and paternal involvement behaviour in child rearing of 0-12 monthsaged baby, among the fathers who have elementary, intermediate, and advance education, involving 95 father's data. Statistical Analysis : By applying analisys of variance technique (ANOVA) the difference of knowledge, attitude, and paternal involvement behaviour in childrearing of 0-12 months-aged baby among the group of fathers can be identified. Result: The result shows that there is no significant difference of knowledge, attitude, and paternal involvement behaviour in child rearing of the 0-12 monthsaged baby among the fathers who have elementary, intermediate, and advance education. Conclusion : The education level of the father does not cause any knowledge, attitude, or paternal involvement behaviour differences in child rearing of the 0-12 months-aged baby. The researcher infer that the difference between the result of this research and the result of the previous result is caused by the other factors which influence the involvement of the father, such as culture, number of children, wife's employment status, and the assistance of others in child care.