ASBTRAKTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor (karakteristik,
pengetahuan,sikap, keterpaparan oleh media, ketersedian saran, dukungan orang
tua, dukugan guru dan peraturan di sekolah) yang berhubungan dengan perilaku
membuang sampah pada siswa di beberapa SDN se-Kecamatan Bantar Gebang.
Desain penelitian yangdigunakan pada penelitian ini adalah desain cross-sectional
dengan total sampel berjumlah 400 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik multistage random sampling dan kuesioner digunakan sebagai alat
ukur penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 44,6% siswa yang
berperilaku buruk terhadap sampah 49,7% diantaranya adalah para siswa laki-laki
dan 39,3% siswa perempuan. Selain itu sebesar 46,3% siswa yang berperilaku
buruk merupakan siswa yang berusia diatas rata-rata, sedangkan 42,2% berusia
dibawah rata-rata. Berdasarkan uji khai kuadrat diperoleh 4 variabel yang
memiliki hubungaN bermakna dengan perilaku membuang sampah pada siswa di
beberapa SDN se-Kecamatan Bantar Gebang, yakni sikap (Pvalue= 0,046),
dukungan guru (Pvalue= 0,040), keterpaparan oleh media (Pvalue= 0,017) dan
ketersediaan sarana (Pvalue= 0,000). Lebih lanjut berdasarkan uji regresi logistik
didapatkan bahwa ketersedian sarana (Pvalue= 0,000) merupakan faktor yang
paling berpengaruh terhadap perilaku membuang sampah pada siswa di beberapa
SDN se-Kecamatan Bantar Gebang.
ABSTRACTThe aim of this study was to analyze factors (characteristic, knowledge,attitude, media exposure, availability of facilities, parents? support, teacher?ssupport, and school regulation) related to garbage disposing behavior among 4thand 5th grade students in some elementary schools in Kecamatan Bantar Gebang.This study used cross sectional design with 400 students as the samples.Multistage random sampling was used as sampling technique, and questionnairewas used to collect the data. The result of this study showed that 44,6% studentshad inappropriate garbage disposing behavior, 49,7% of them were males, and39,3% were females. 46,3% students with inappropriate behavior were studentswhose age above the average. Chi square analysis showed variable that hadsignificant correlation with garbage disposing behavior are attitude (p=0,046),teacher?s support (p=0,040), media exposure (p=0,017) and availability offacilities (p=0,000). Linier regression was used for multivariate analysis and theresult shows that the availability of facilities has biggest influence toward thegarbage disposing behavior among students.