UI - Skripsi (Open) :: Kembali

UI - Skripsi (Open) :: Kembali

Pengaruh persepsi risiko dan persepsi keuntungan terhadap pengambilan keputusan melanggar lampu merah pada pengemudi sepeda motor berusia muda di Jakarta = the influence of risk perception and utility perception towards the decision to cross red-light in young motorcyclist

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012)
 Abstrak
[Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh persepsi risiko dan persepsi
keuntungan terhadap pengambilan keputusan melanggar lampu merah pada pengemudi
sepeda motor berusia muda. Pada setiap pengambilan keputusan dalam mengemudi,
individu akan selalu mempersepsikan dampak negatif berupa risiko akibat dari suatu
tindakan, serta dampak positif berupa manfaat dari suatu tindakan, dan
memperhitungkannya untuk mendapatkan hasil yang dianggap terbaik (Sitkin &
Weingart, 1995). Agar dapat menghasilkan keputusan yang baik dan tidak
membahayakan, dinamika persepsi risiko dan persepsi keutungan yang terjadi pada
individu harus dilakukan secara efektif.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan non-experimental. Penelitian ini
menggunakan satu set kuesioner yang terdiri dari delapan skenario mengemudi yang
dapat memunculkan pengambilan keputusan untuk melanggar lampu merah. Pada tiap
skenario yang terdapat dalam penelitian ini, terdapat pertanyaan-pertanyaan yang
mengukur persepsi risiko, persepsi keuntungan, serta pengambilan keputusan melanggar
lampu merah. Sampel yang digunakan adalah 100 orang responden pengemudi sepeda
motor di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan multiple regression, diperoleh hasil
bahwa persepsi risiko dan persepsi keuntungan secara signifikan mempengaruhi
pengambilan keputusan melanggar lampu merah. Persepsi keuntungan memberikan
pengaruh yang lebih besar dibandingkan persepsi risiko dalam mempengaruhi
pengambilan keputusan melanggar lampu merah pada pengemudi sepeda motor berusia
muda., The objective of this research is to study the influence of risk perception and utility
perception on young motorcycle rider's red-light crossing decision making in jakarta.
Upon making a decision, motorcycle rider will always perceive negative and positive
impact of the action that will be decided, and take it into account to produce the best
outcome (Sitkin & Weingart, 1995). In order to generate a good and safe decision,
motorcycle rider will have to effectively perceive the risk and utility of the action taken
from the decision making.
This research is a qualitative and non-experimental study. This research will use
one set of questionnaire consisting eight riding scenario which will bring up the decision
to cross a red-light. Each and any one of these eight scenario consist questions to assess
risk perception, utility perception, and red-light crossing decision making. Respondents of
this research is 100 motorcycle rider in Jakarta. By using multiple regression, it was
found that risk perception and utility perception is a significant predictor of red-light
crossing decision making. Among the two variable, utility perception is shown to have a
greater effect than risk perception on young motorcycle rider?s red-light crossing decision
making.]
 File Digital: 1
Shelf
 S-Priyandana Kusumadi.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : S-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : none
Tipe Konten : none
Tipe Media : none
Tipe Carrier : none
Deskripsi Fisik : xiv, 62 hlm. + Lamp.
Catatan Bibliografi : Hlm. 60-62
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20320564