ABSTRAKKemampuan pemahaman bacaan adalah hal yang sangat krusial dalam
perkembangan pendidikan. Membaca adalah dasar bagi proses belajar dalam
hampir semua subjek di pendidikan. Survei yang dilakukan oleh IEA dan OECD
bagi negara-negara di dunia menunjukkan bahwa performa anak-anak dalam
membaca di Indonesia berada dalam kategori rendah. Perlu dilakukan monitoring
secara intensif untuk melihat kemampuan pemahaman bacaan anak dari waktu ke
waktu dan melakukan intervensi jika perlu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
gambaran kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas 3 dan 4 SD di Indonesia.
Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas 3 dan
4 SD berada pada kategori sedang.
AbstractReading comprehension skill is a crucial ability for the development of
education. Reading is basic learning process in almost all subjects in education.
Surveys about reading for countries in the world from IEA and OECD showed
that kids in Indonesia has poor performance and was put in low category. From
the condition, intensive monitoring for reading progress is needed to see
children?s reading comprehension ability and to do intervention when needed. The
aim of the research is to see reading comprehension ability in grade 3rd and 4th
students in Indonesia. The result shows that reading comprehension ability from
grade 3rd and 4th students is in medium category.