Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Dinamika kehidupan anak-anak pada masa Jawa kuna abad viii ? xv masehi

S. Kusparyati Boedhijono, Hariani Santiko, Ratnaesih Maulana, Edhie Wuryantoro, Wanny Rahardjo ([Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI;Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia], 2008)

 Abstrak

Penelitian tentang kehidupan Anak-anak pada masa lampau belum banyak dilakukan. Berdasarkan alasan itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi kelangkaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran anak-anak di masa lampau dalam kegiatan kesehariannya. Kegiatan keseharian yang dimaksud adalah aktivitas anak pada saat tertentu sepanjang hari, yang meliputi : Anak dan pengasuhan, Anak dan pendidikan, Anak dan kegiatan rumah tangga, Anak dan kesehatan, Anak dan keagamaan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data artefaktual dan data tekstual. Dimaksud dengan data artefaktual adalah Arca dan Relief Anak, sedangkan data tekstual adalah ceritera tentang anak dalam sumber tertulis, yaitu prasasti dan naskah kuna yang berbahasa Jawa Kuna dan Jawa Tengahan. Tiga hal pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Identifikasi profil anak-anak; Lingkungan masyarakat di mana mereka hidup; Kehidupan keseharian anak-anak. Untuk mencapai Tujuan Penelitian digunakan tiga tingkat cara penelitian yang biasa dilakukan dalam penelitian Arkeologi yaitu: Tingkat pengumpulan data, Pengolahan data, dan Penafsiran data.

Abstract
There were not many researchers focus on the children?s life in the ancient times. This research was done based on that fact. Objective of this research is to comprehend the children?s roles in the ancient time, in their daily activities. Daily activities that included in this research are: child and nurture, child and education, child and home activities, child and health, and, child and religion. This research was done based on the artifacts? data and textual data. Artifacts? data are statues and reliefs, while textual data are written stories about children; i.e. inscriptions and ancient manuscripts in ancient Java language and mid-ancient Java language. Three main objects of research are: children?s profile identification, community environment in where they lived, children?s daily life. Research methodologies are: data collection, data processing, and data interpretation.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : J-pdf
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI;Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia], 2008
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 2355794x
Majalah/Jurnal : Makara : Sosial Humaniora
Volume : Vol. 12, No. 2, Desember 2008: 39-55
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://journal.ui.ac.id/index.php/humanities/article/viewFile/142/138
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
J-pdf 03-19-316457237 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20323962
Cover