UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Implementasi zakat pendapatan dan jasa ditinjau dari uu no 38 Tahun 1999 (studi kasus di Lembaga Amill Zakat Pos Keadilan peduli Umat)

Mohammad Ikrar Dinata; H.M. Tahir Azhary, supervisor (Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Masalah kemiskinan kini telah menjadi persoalan yang akut bagi perekonomian Indonesia. Secara faktual,angka kemiskinan yang cenderung meningkat di negara kita secara tidak langsung merupakan cermin permasalahan yang dihadapi oleh umat Islam sebagai penduduk mayoritas di Indonesia. Padahal Lebih kurang empat belas abad yang lampau, dimasa dunia barat masih terkungkung dalam gelap gulita. Islam telah menetapkan sistem zakat yang bertujuan untuk membasmi kelaliman dan ketidakadilan serta mempererat rasa persaudaraan antara si kaya dan si miskin. Potensi zakat di Indonesia diatas kertas luar biasa besar. Secara matematis, minimal kita bisa mendapatkan angka sebesar Rp 6,5 trilyun. Skripsi ini mencoba mengkaji secara lebih mendalam mengenai implementasi Zakat Pendapatan dan Jasa dengan melakukan studi kasus di lembaga Amil Zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU). Adapun pokok permasalahan dalam kegiatan penelitian ini mencakup bagaimana pengelolaan zakat pendapatan dan jasa di LAZ PKPU serta apakah pengeloaan zakat tersebut telah sesuai dengan UU NO 38 Tahun 1999.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dan metode penelitian lapangan. Metode penelitian kepustakaan dengan menitikberatkan pada penggunaan sumber data yang berasal dari referensi, buku-buku, peraturan perundang-undangan sedangkan metode penelitian lapangan menitikberatkan pada sumber data yang berasal dari LAZ PKPU.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menegaskan bahwa pengelolaan zakat pendapatan dan jasa di LAZ PKPU telah sesuai dengan UU No 38 Tahun 1999. Namun penulis juga menyarankan agar semua elemen yang terkait dengan pengeloalan zakat harus dapat terus pro aktif dalam melakukan perubahan-perubahan kearah yang lebih maju khususnya tentang bagaimana membangun kesadaran dan pengetahuan yang lebih baik bagi para Muzakki. Disamping itu ide tentang dimasukkanya sangsi bagi para Muzakki yang enggan menunaikan zakat dalam UU Zakat perlu mandapat perhatian yang seius dari seluruh pihak khususnya umat Islam.

 File Digital: 1

Shelf
 S23782-Mohammad Ikrar dinata.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S23782
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 105 hlm. ; 28 cm + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S23782 14-19-547695141 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20324300
Cover