UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Instrumen insolvensi tes pada perkara kepailitan di Indonesia

Randi Ikhlas Sardoni; Reddy, G. R., editor; Aritonang, Parulian Paidi, supervisor; Rosewitha Irawaty, examiner; Ditha Wiradiputra, examiner; Teddy A. Anggoro, examiner (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai penerapan insolvensi tes dalam perkara kepailitan di Indonesia. Untuk itu dalam rangka mengetahui bentuk insolvensi tes yang dapat diterapkan di Indonesia, maka dibahas juga jenis dan metode insolvensi tes yang diterapkan di negara yang menjadi objek studi perbandingan yaitu di Amerika Serikat dan Jepang. Skripsi ini disusun dengan metode penulisan hukum normatif untuk menghasilkan data yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persyaratan proses perkara kepailitan yang tercantum di Undang-undang No. 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU saat ini masih memungkinkan untuk dipailitkannya suatu debitor yang masih solven keuangannya. Dengan demikian untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan instrumen insolvensi tes sebagai salah satu persyaratan dalam proses perkara kepailitan di Indonesia.

This mini-thesis discusses about the implementation of insolvency test on bankruptcy proceeding in Indonesia. In order to recognize the form of insolvency test that can be implemented in Indonesia, here it is also discuss about the type and method of insolvency test in USA and Japan. This research is the legal research with a normative juridical approach method that is descriptive analytical. This research conclude that the requirements of bankruptcy proceeding in Bankruptcy and Suspension of Payment Law No. 37 Year 2004 still give possibility to declare a bankruptcy of a solvent debtor. Therefore, to solve this problem, we need the instrument which is insolvency test to become one of the requirements of bankruptcy proceeding in Indonesia.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S25013
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 91 pages : 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S25013 14-17-139365442 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20325611
Cover