UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisa terhadap pembagian wilayah pemasaran oleh dewan pengurus pusat asosiasi kontraktor listrik dan mekanikal Indonesia (DPPAKLI) ditinjau dari hukum persaingan usaha Indonesia

Tosan Aji Toursilo; Kurnia Toha, supervisor (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Skripsi ini fokus terhadap salah satu bentuk persaingan usaha tidak sehat yaitu perjanjian pembagian wilayah pemasaran sebagaimana diatur dalam UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memahami pembagian wilayah yang dilakukan oleh Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi kepustakaan dengan pendekatan yuridis normatif. Tipe data yang digunakan adalah data sekunder yang mengandung bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier yang diolah untuk menghasilkan laporan penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan penelitian, Penulis sependapat dengan Putusan Perkara Nomor 53/KPPU-L/2008 yang membatalkan perjanjian pembagian wilayah yang dilakukan oleh AKLI dikarenakan AKLI terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan perjanjian pembagian wilayah PJT di Sulawesi Selatan.

This thesis is focusing on market division as a form of unfair competitions stated in Law No. 5 Year 2009 on Antimonopoly and Unfair Competitions. The object is to understand about market division practiced by Board of Indonesian Association of Electricity Contractor and Mechanical. The methodology in this thesis based on literature and normative legal approach. Types of data that used are secondary data consisting of primary legal materials, secondary legal materials, and tertiary legal materials which are processed and produce a comprehensive overview of issues and facts relating to the object of research. Based on the research, the Author agrees with Decree 53/KPPU-L/2008 that canceled the market division agreement performed by AKLI because AKLI proven legally and convincingly has entered into PJT market division agreement in South Sulawesi.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S24876
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 80 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S24876 14-22-92995602 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20325830
Cover