UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi pendahuluan efek antifertilitas ekstrak buah solanum torvum swartz terhadap motilitas dan abnormalitas spermatozoa mencit (mus muscullus L) jantan galur swiss derived

Wowor, Lourina Diana Merry; Ellyzar I.M. Adil, supervisor; Dadang Kusmana, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Solanum torvum Swartz digunakan sebagai obat-obatan, tanaman hias, dan merupakan makanan tambahan yang dimakan dengan nasi (lalap). Solasodin adalah salah satu senyawa kimia yang terkandung dalam buah Solanum torvum dan telah terbukti sebagai senyawa antifertilitas. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan efek antifertilitas ekstrak buah Solanum torvum terhadap motilitas clan abnormalitas spermatozoa mencit (Mus musculus L.) jantan galur Swiss derived. Pencekokan dilakukan selama 36 hari, dengan dosis 0,25; 0,5; 1 mg/kg bb/hari. Pengaruh perlakuan dapat diketahui dengan mengamati bentuk morfologi spermatozoa, dengan
pewarnaan Giemsa dan Eosin-Y 0,6 %. Penghitungan persentase jumlah spermatozoa motil dan abnormal dilakukan pada 1.000 spermatozoa.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ekstrak buah Solanum torvum dengan dosis 0,25; 0,5; 1 mg/kg bb/hari tidak mempengaruhi jumiah total spermatozoa, tetapi menurunkan persentase jumlah spermatozoa motil dan meningkatkan persentase jumlah spermatozoa abnormal.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Lourina Diana Merry Wowor.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarier)
Deskripsi Fisik : ix, 91 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-054908793 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20328417
Cover