UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan metodologi information economic dalam mengkaji kelayakan investasi data warehouse suku cadang pada perusahaan alat-alat berat (studi kasus : PT. Altrak 1978)

Siman; Benny Ranti, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Teknologi informasi pada saat ini telah menjadi bagian panting dalam strategi bisnis perusahaan, termasuk dalam bisnis perdagangan alat-alat berat. Peningkatan dalam keunggulan bersaing serta keuntungan perusahaan yang diakibatkan oleh pemakaian teknologi informasi banyak dirasakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan alan-ala: beram tersebut.
Pada kondisi saat ini, dalam upaya mempertahankan bahkan dalam upaya meningkatkan pangsa pasar, dibutuhkan data bempa informasi yang berasal dari internal maupun eksternai yang memiliki nilai strategis. lnformasi yang bcrnilai tinggi ilu berasal dari data masa lalu yang disimpan dan diolah lebih lanjut dalarn bentuk Dafa Warehouse. Data Warehouse merupakan pengembangan dari metode pengumpulan informasi secara tradisional, dimana data yang didapat diolah dan disediakan ke pemakai dalam bentuk konsolidasi dan konsisten.
Pemenuhan akan teknologi informasi ini tentunya hams melalui suatu pengkajian terhadap kelayakan investasi dengan mclihat azas manfaat dan biaya (cos/-benqfl). Ada dua jenis manfaat yang didapat, yaitu inlangible benefit atau manfaat tidak terukur dan tangible bam;/F1 atau maniaat yang temkur_ Namun seringkali analisis cos! benejil lradisional yang biasa digunakan hanya melakukan perhitungan terhadap manfaabmanfaat yang bersifat langsung dan tangible tanpa memperhatikan manfaat-manfaat yang bersifat imangible dari tcknologi informasi yang digunakan. Metode Izybrmarion Economics (IE) digunakan untuk mengatasi masalah tersebut diatas. Metode IE menambahkan perhitungan ROI dengan analisis domain bisnis dan domain teknologi, Kedua domain tersebut merupakan kuantiiikasi dari nilai-nilai aspck bisnis perusahaan, biaya investasi teknologi informasi, dan rcsiko. Tesis ini berdasarkan studi kasus pada proyek Dara Warelzouse di sebuah perusahaan alat-alat berat. Tujuannya adalah pengkajian terhadap kelayal-can investasi, dengan menggunakan metode [rg/'ormaiion Economics.

Information technology nowadays has become an essential part in business strategy of` companies, including the business of heavy equipment. The improvement of competitive advantage and also the company?s benefit which is af`f`ected by the use of information technology has been experienced by the companies, especially in heavy equipment trading.
Recently, in order to maintain, even to increase the market share, we need data which are taken from internal or extemal information with strategic values. 'l`he most precious information comes fiom data in the past which were stored and processed in the fonn of Data Warehouse. Data Warehouse is the development of the traditional method of collecting information, where the data are being processed and provided to the user in consolidation and consistency forms. The fulfillment of information technology, indeed, must have a research on investment feasibility by looking at the principle ofcost-benefit. There are two benefits, first, intangible benefit; means unmeasured benefit and tangible benefit; means measured benefit. However, the traditional cost benefit analysis is used to calculate tangible benefit only without paying attention for intangible benefit of information technology.
The method of information economics (IE) is used to overcome those problems. The information Economics method enhances ROI calculated by analyzing thc business domain and the technology domain. These domains are quantification of corporate values, cost of` information technology investment, and risks.

 File Digital: 1

Shelf
 T 32095-Siman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T32095
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 99 pages: 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32095 15-19-616952208 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20328913
Cover