UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Praktek menyusui selama masa kehamilan dalam perspektif wanita di kota Makassar = Breastfeeding practice during pregnancy from women's perspective in Makassar city

Bestfy Anitasari; Imami Nur Rachmawati, supervisor; Henny Permatasari, supervisor; Yati Afiyanti, examiner; Wiyarni Pambudi, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Praktek menyusui selama kehamilan masih banyak dilakukan oleh wanita, termasuk di Indonesia. Penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya melaporkan hal yang tidak konsisten. Sebagian menyatakan bahwa praktek ini bermanfaat, yang lainnya melaporkan ada resiko baik pada ibu, janin dan anak yang disusui. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginterpretasikan praktek menyusui selama masa kehamilan dari perspektif wanita. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi interpretatif dengan wawancara mendalam terhadap tujuh partisipan yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan analisis Van Manen dan diperoleh 11 tema. Secara umum ibu yang menyusui selama masa kehamilan mengalami dilema antara memenuhi hak anak terhadap ASI dan keinginanya untuk berhenti menyusui. Hasil penelitian ini menyarankan agar tenaga kesehatan memberikan pendidikan kesehatan pada ibu hamil yang masih menyusui tentang cara melakukan penyapihan yang benar pada anak.

Breastfeeding during pregnancy is still a common practice including in Indonesia. There are inconclusive findings regarding the benefit and the risk of the practice for mother, fetus and breastfed baby. This study aimed to interpret the breastfeeding practice during pregnancy from women perspective. Interpretative phenomenology design was applied where in-depth interviews were conducted to seven participants who purposively sampled. The qualitative data were analyzed using the Van Manen analysis stages in which eleven themes were obtained. Generally, it was found that mothers who continue their breastfeeding during pregnancy experience dilemma between the will to fulfill baby's right to lactation or to discontinue the breastfeeding. This study suggested that health providers should conduct health education to the breastfeeding pregnant women about how to perform correct weaning to their babies.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Bestfy Anitasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T31935
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 121 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T31935 15-22-47156512 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329531
Cover