ABSTRAKTesis ini membahas mengenai ciri sikap wirausaha, motivasi berprestasi, pengelolaan usaha, dan intervensi yang dapat dilakukan terhadap pengusaha waralaba di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner.
Hasil penelitian ini mengungkapkan pengusaha waralaba yang telah menjalankan usaha selama lima tahun atau lebih telah memiliki ciri sikap wirausaha. Akan tetapi, dalam penelitian ditemukan walaupun sudah menjalankan usaha selama lebih dari lima tahun ternyata masih ada beberapa ciri sikap wirausaha yang perlu ditingkatkan kembali, antara lain pada aspek harapan akan keberhasilan dan ketakutan akan kegagalan, pengetahuan, kemampuan manajerial, kepercayaan diri dan bergantung pada diri sendiri, serta tanggung jawab pribadi. Pada motivasi berprestasi, terlihat pengusaha waralaba juga masih perlu meningkatkan motivasi berprestasi mereka. Pada aspek pengelolaan manajemen waralaba, pengusaha waralaba masih harus memperbaiki sistem seleksi franchisee, melakukan asistensi dengan tepat, dan mengatur proses penyelesaian masalah dengan franchisee secara baik.
Sedangkan untuk intervensi, beberapa program intervensi yang dapat dilakukan oleh lembaga pemerintah yang secara khusus menangani wirausaha untuk melakukan pengembangan terhadap ciri sikap wirausaha, meningkatkan motivasi berprestasi, serta meningkatkan kemampuan pengusaha dalam mengelola bisnis waralaba. Intervensi yang dapat dilakukan antara lain dengan melakukan Achievement Motivation Training (AMT), pendirian pusat konsultasi bisnis di sentra-sentra kegiatan usaha, pembinaan wirausaha secara simultan, serta mempermudah akses terhadap modal.
ABSTRACTThis thesis discusses the entrepreneurial traits, achievement motivation, business management, and interventions that can be made to franchisors in Indonesia. This research is a descriptive analysis qualitative research. Methods of collecting data are through in-depth interviews and questionnaire.
The results of this study reveal that franchisors who have been running the business for five years or more have some entrepreneurial traits that needs to be improved, including the aspect of hope for success and fear of failure, knowledge, managerial skills, confidence and self-reliance, and personal responsibility. In the achievement motivation, franchisors also need to be improved. In the aspect of franchise management, franchisors still have to improve the system of franchisee selection, to conduct assistance properly and manage the problem solving process with the franchisee better.
As for intervention, some programs that can be undertaken by government agencies-that specifically deal with self-employment- are developing entrepreneurial traits, improving achievement motivation, and increasing skills in managing franchise. All of which can be provided through Achievement Motivation Training (AMT), establishment of business consulting centers at business centers, simultaneous entrepreneurship fostering, and as well as easier access to capitals