ABSTRAKTesis ini membahas proses pembentukan brand personality melalui aktivitas
advertising. Brand personality merupakan salah satu elemen dari merek yang
memberikan kehidupan bagi merek tersebut. Pola pikir konsumen di Indonesia
semakin berkembang dari tahun ke tahun. Konsumen sekarang membedakan
masing-masing merek yang dilihat berdasarkan personality yang berbeda. Penting
untuk pemilik brand, tidak hanya membuat personality brand tersebut kuat tetapi
juga membuat personality yang sesuai dengan karakter pengguna dari brand
tersebut. Konsumen cenderung memilih suatu brand yang memiliki personality
yang sesuai dengan konsep diri mereka. Hal inilah yang mendasari penulis ingin
menggambarkan elemen-elemen brand dan iklan televisi yang menjadi dasar
pembentukan brand personality. Penelitian ini berusaha menguraikan awareness,
association, dan personality dari Awareness Pocari Sweat. Oleh karena itu
penelitian ini bersifat eksploratif analitis dan deskriptif dengan sampel penelitian
yaitu target utama konsumen Pocari Sweat berusia15-25 tahun. Hasil penelitian
ini didapatkan bahwa sifat aktif, ceria, semangat, dan akrab adalah brand
personality dari Pocari Sweat. Penelitian ini menyarankan bahwa diperlukan
konsistensi dan integrasi kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk memperkuat
brand personality dari Pocari Sweat, penguatan elemen ion sebagai keunggulan
Pocari Sweat dibandingkan dengan minuman isotonik lain. Selain itu penulis
menyarankan untuk mereview elemen iklan yaitu endorser dan tagline dalam
iklan televisi Pocari Sweat versi beach house karena dikhawatirkan mengurangi
esensi isi pesan dalam iklan tersebut.
ABSTRACTThis thesis discusses the formation of brand personality through
advertising activity. Brand personality is one of the elements of the brand that
gives life to the brand. The mindset of consumers in Indonesia is growing from
year to year. Consumers nowadays, differentiate the brand by individual
personality. It is important for brand owners, not only to make the strong
personality for the brand but also makes the personality fit with the character of
the user. Consumers tend to choose a brand that has a personality that fit with
their self-concepts. This is underlies the writer to describe the brand and television
advertisements element which became the basis of the brand personality
formation. This research tries to elaborate awareness, association, and the
personality of Pocari Sweat. Therefore, this study is exploratory and descriptive
analytical, using the main target consumers Pocari Sweat berusia15-25 years as a
sample. The results of this study found that active, cheerful, spirit, and intimate/
familiar are brand personality of Pocari Sweat. This research suggests that Pocari
Sweat need consistency and integration of marketing activities to make brand
personality becoming more powerfull impact, strengthening “Ion” as Pocari
Sweat element to make a differentiation compared to other isotonic drinks.
Moreover, the authors suggest to review TVC element such as endorser “JKT48”
and tagline “Youth Sweat Beautiful” in this Pocari Sweat TVC beach house
version, because there is a possibility distract the essence of the message in the ad.